TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ribuan Boks Surat Suara DPRD Provinsi di 6 Dapil Tiba di KPU Jombang

Ribuan Boks Surat Suara DPRD Provinsi di 6 Dapil Tiba di KPU Jombang

8 Januari 2024 17:06 WIB
Ribuan Boks Surat Suara DPRD Provinsi di 6 Dapil Tiba di KPU Jombang

TVRINews, Jombang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, kembali menerima distribusi logistik pemilu 2024 berupa surat suara untuk Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Provinsi Jawa Timur.  

Logistik pemilu tersebut ada sebanyak 2.068 boks, yang berisi 1.033.651 lembar surat suara untuk enam Dapil yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Surat suara yang dikirim dari Surabaya ini diperuntukkan untuk enam Daerah Pemilihan (Dapil) tersebar di 21 Kecamatan Wilayah Jombang. 

Saat truk pengangkut logistik surat suara DPRD Provinsi Jawa timur tiba langsung disimpan di empat gudang KPU.  

Masing-masing di gudang GOR merdeka lapangan tenis indoor/gudang parimono dan mojosongo

“Surat suara yang sudah datang ini akan segera kami lakukan proses pelipatan yang akan melibatkan warga masyarakat. Kami juga akan melakukan cek dan ricek kembali surat suara yang mengalami kerusakan nanti pada saat proses pelipatan kertas,” Kata Rita Darmawati , Komisioner KPU Jombang, Senin, 8 Januari 2024

Ia menerangkan, penyimpanan logistik ini akan dilakukan penjagaan oleh petugas  bekerjasama dengan Polres Jombang 24 jam . 

Namun, kata Rita sebelum disimpan di empat gudang KPU Jombang jika sesuai dengan prosedur truk pengangkut logistik surat suara dalam kondisi tersegel.  

“Pembukaan segel akan disaksikan langsung oleh Komisioner KPU dan Bawaslu dan petugas Polres Jombang,” terang dia

“Rencananya surat suara DPRD Provinsi ini akan dilakukan penyortiran setelah surat suara DPRD Jombang dan DPD RI tuntas,” lanjutnya.

Rita mengatakan, sampai saat ini logistik surat suara yang belum tiba di KPU Jombang masing-masing logistik surat suara untuk pileg DPR RI  dan Pilpres. Diperkirakan kedua logistik surat suara tersebut akan tiba pada pekan mendatang.

KPU berharap, pelaksanaan pesta demokrasi 14 Februari 2024 nanti dapat berjalan lancar. Sehingga Rita meminta agar warga bisa berpartisipasi menggunakan hak suaranya. 

“Bagaimana turut mensukseskan gelaran pemilu untuk masa depan Bangsa ini dan memperoleh pemimpin yang diinginkan rakyat,” tukas dia

Pewarta: Hari Sukemi
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI