TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU diminta Siapkan Template Braille bagi Penyandang Disabilitas

KPU diminta Siapkan Template Braille bagi Penyandang Disabilitas

9 Januari 2024 07:13 WIB
KPU diminta Siapkan Template Braille bagi Penyandang Disabilitas

TVRINews, Sulawesi Tenggara

Logistik pemilihan umum atau pemilu mulai didistribusikan ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU Sulawesi Tenggara. Namun dalam pendistribusian itu, KPU belum menyediakan template huruf braille pada surat suara untuk memudahkan disabilitas, khususnya tunanetra dalam menyalurkan hak pilihnya.

Ketua Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia atau ITMI Sulawesi Tenggara, Samsul Pole mengeluhkan penyelenggaraan pemilu di Sulawesi Tenggara yang menurutnya belum ramah terhadap pemilih disabilitas  utamanya tunanetra.

“Sepanjang partisipasi saya di dalam pemilu, pemilih disabilitas tidak mendapatkan akses memadai dari KPU Sultra saat menyalurkan hak suara di tempat pemungutan suara atau TPS,” ungkap Samsul, Senin, 8 Januari 2024.

“Padahal menurut saya, KPU harusnya menyiapkan template huruf braille pada surat suara, untuk memudahkan kami-kami ini dalam memilih,” tambahnya lagi.

“Sebagai Warga Negara Indonesia yang memiliki hak suara, para disabilitas kerap dirugikan, karena kartu suara yang dirilis KPU hanya mengakomodir pemilih normal,” jelas Samsul Pole kepada TVRINews.com.

Lebih lanjut Samsul menjelaskan bahwa meski saat memilih penyandang disabilitas tunanetra mendapat pendampingan, namun tetap saja potensi kecurangan masih sangat tinggi.

“Utamanya bagi para disabilitas tunatera karena kami tidak mengetahui persis siapa calon yang dicoblos lewat petunjuk pendamping,” tutupnya.

Pewarta: Randi Ardiansyah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI