TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KIP Simeulue Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Untuk Pemilu

KIP Simeulue Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Untuk Pemilu

9 Januari 2024 13:11 WIB
KIP Simeulue Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Untuk Pemilu
KIP Simeulue Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Untuk Pemilu

TVRINews, Aceh

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Simeulue mulai melakukan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara pemilu yang mulai dilakukan hari ini, dimana sebanyak 100 tenaga sortir dan pelipatan dari kalangan masyarakat disiapkan untuk bekerja selama sepekan, Selasa 09 Januari 2024.

Tenaga yang disiapkan untuk melakukan sortir dan pelipatan akan melakukan pelipatan surat suara lebih dari 341.000 lembar surat suara seperti surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Simeulue.

Komisioner KIP Simeulue Divisi Logistik, Chairuzzaman mengungkapkan bahwa target KIP Simeulue melakukan sortir dan pelipatan dapat dilakukan selama tujuh hari.

"Kita menargetkan proses sortir dan pelipatan dapat selesai selama tujuh hari, dimana tenaga kerja yang melakukan kegiatan sortir dan pelipatan sebanyak 100 orang,"kata Chairuzzaman.

Sebelum melakukan sortir dan pelipatan tenaga kerja dari kalangan masyarakat juga dilakukan pemeriksaan oleh petugas, hal ini untuk memastikan agar tidak adanya penyalahgunaan seperti membawa perangkat komunikasi maupun alat lainnya.

Petugas yang diberikan kesempatan untuk melakukan pelipatan surat suara untuk dapat menjaga rahasia dan tidak melakukan kegaduhan selama proses sortir dan pelipatan surat suara.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Simeulue Mitro Heriansyah berharap para pekerja dari kalangan masyarakat yang melakukan sortir dan pelipatan surat suara bisa benar-benar bekerja secara jujur sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.

"Kita berharap agar tenaga yang dipakai untuk sortir dan pelipatan benar-benar tidak memiliki hubungan dengan partai maupun dengan peserta pemilu,"kata Mitro Heriansyah.

Di samping itu pihaknya juga akan tetap melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan sortir maupun pelipatan yang dilakukan dari pagi hingga sore hari tersebut.

Proses sortir dan pelipatan surat suara juga turut juga dipantau oleh Pj Bupati Simeulue Ahmadlyah bersama jajaran Forkopimda Simeulue yang memastikan kegiatan proses pelipatan surat suara dapat berjalan dengan lancar.

PJ Bupati Simeulue Ahmadlyah menyampaikan bahwa diharapkan masyarakat yang dipercayakan untuk melakukan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara bisa benar-benar bekerja dengan baik.

Sehingga tidak melakukan penyalahgunaan wewenang yang sudah diberikan oleh KIP Simeulue.

Pewarta: Al Ashab
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI