RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ini Hasil Riset Pemenang Debat Capres Versi Netizen

Ini Hasil Riset Pemenang Debat Capres Versi Netizen

8 Januari 2024 20:20 WIB
Ini Hasil Riset Pemenang Debat Capres Versi Netizen
Capres RI Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan Capres RI Anies Baswedan (kanan), dan Capres RI Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra/foc).

KBRN, Jakarta: Hasil riset Indonesia Indicator (i2) menunjukkan, Anies Baswedan menjadi pemenang debat ketiga, Minggu (7/1/2024) di mata netizen. Hal itu ditunjukkan dari data eksposure dan engagement perbincangan netizen.

"Tercatat perolehan eksposure Anies menjadi yang terbesar di antara capres lainnya. Dengan total unggahan 67.785 post dan total engagement sebesar 614.058," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang dalam keterangannya, Senin (8/1/2024).

Sementara total eksposure Prabowo Subianto mencapai 56.509 unggahan, dengan 629.867 engagement. Kemudian, eksposure Ganjar sebesar 51.682 unggahan, dengan 354.950 engagement.

"Engagement adalah tingkat interaksi netizen terhadap tokoh tersebut. Melalui reaksi like, komen, share, dan retweet," ujar Rustika.

Dikatakan, secara umum, netizen lebih banyak fokus pada penampilan, suasana, dan jalannya debat. Netizen  tidak terlalu fokus pada substansi gagasan yang disampaikan para kandidat.

Netizen, lanjutnya, cenderung memberikan atensi kepada penampilan Prabowo yang dianggap sebagai objek serangan kedua lawannya. “Siapa yang ‘menguasai’ panggung akan mendapat atensi, jumlah percakapan Anies tertinggi, disusul Prabowo," ucapnya. 

Dikatakan, dalam hal ini Prabowo sebagai objek yang terseret dalam konflik. "Netizen mengunggulkan Anies karena dianggap menguasai panggung sehingga Prabowo terseret-seret untuk melakukan klarifikasi terus menerus," katanya.

Pewarta: Bunaiya
Editor: Allan
Sumber: RRI