RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Bawaslu Beberkan 'Segudang' Masalah PPLN Logistik Luar Negeri

​Bawaslu Beberkan 'Segudang' Masalah PPLN Logistik Luar Negeri

9 Januari 2024 14:40 WIB
​Bawaslu Beberkan 'Segudang' Masalah PPLN Logistik Luar Negeri
Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty. (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan sejumlah permasalahan logistik surat suara Pemilu 2024 di luar negeri. Terdapat 61 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang mengalami masalah soal surat suara.

"Di antarannya surat suara tidak tepat jumlah tersebar di 29 PPLN, kelebihan surat suara di 32 PPLN. Kelebihan surat suara di tempat pemungutan suara atau TPS luar negeri yang tersebar di 14 PPLN," kata Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty dalam keterangan persnya, Selasa (9/1/2024).

Dia membeberkan, terjadi kelebihan surat suara untuk kotak suara keliling tersebar di 3 PPLN. Kemudian, kelebihan surat suara untuk metode pos tersebar di 3 PPLN

"Kekurangan surat suara tersebar di 20 PPLN. Bahkan surat suara rusak tersebar di 39 PPLN," ucap Lolly.

Terkait masalah tersebut, Lolly memastikan hal ini akan menjadi perhatian bersama. Berdasarkan temuan sejumlah kasus yang dilaporkan dari Bawaslu di kabupaten-kota.

"Dari temuan itu, kerusakan terbesar terkait dengan kotak surat suara rusak dengan total 34,5 persen. Sedangkan kerusakan terbesar di tahap dua adalah di surat suara rusak mencapai 32,2 persen," ujar Lolly.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI