RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Moeldoko: Masukan Presiden Terkait Debat Capres Positif

Moeldoko: Masukan Presiden Terkait Debat Capres Positif

9 Januari 2024 16:03 WIB
Moeldoko: Masukan Presiden Terkait Debat Capres Positif
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko memberi keterangan kepada media di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (9/1/2024) (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, menegaskan masukan Presiden Joko Widodo terkait debat capres-cawapres 2024 adalah hal positif. Menurut dia, pandangan Kepala Negara kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu sah dan dimaksudkan untuk perbaikan. 

"Perbaikan akan berdampak positif dan akhirnya akan mengedukasi masyarakat," ujarnya di Istana Kepresidenan, Selasa (9/1/2024). Sehingga, lanjut mantan Panglima TNI itu, masyarakat akan fokus kepada visi, misi, dan kebijakan presiden mendatang.

Menurut Moeldoko, sebagai Kepala Negara tentu tidak ada stigma negatif jika memberi masukan kepada KPU. "Substansinya ada di KPU dan Presiden bisa menyampaikan pandangan terkait hal itu," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menanggapi debat capres yang berlangsung pada Minggu (7/1/2024). Kepala Negara menyayangkan debat tersebut berisikan aksi saling serang personal, bukan adu visi, misi, gagasan, dan kebijakan. 

"Saya melihat substansi dari visinya tidak kelihatan, yang ada justru saling menyerang," ujarnya, Senin (8/1/2024). Presiden sebenarnya tidak mempermasalahkan debat berlangsung panas, asal para kandidat menyajikan kebijakan dan visi yang jelas. 

Menurut Presiden, penyerangan secara personal yang tidak berhubungan dengan konteks debat tidak seharusnya dilakukan. Hal itu dinilainya tidak mengedukasi masyarakat yang menyaksikan debat secara langsung. 

Presiden menilai akan banyak masyarakat yang kecewa dengan tontonan debat pada Minggu (7/1/2024) malam itu. Karena itu, dia berharap debat capres perlu diformat secara lebih baik lagi. 

Pewarta: Pradipta
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI