TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Proses Sortir Dan Pelipatan Surat Suara Mulai Digelar Di KPU Kota Yogyakarta

Proses Sortir Dan Pelipatan Surat Suara Mulai Digelar Di KPU Kota Yogyakarta

9 Januari 2024 16:57 WIB
Proses Sortir Dan Pelipatan Surat Suara Mulai Digelar Di KPU Kota Yogyakarta

TVRINews, Yogyakarta

KPU Kota Yogyakarta mulai menyortir dan melipat kartu suara Pemilu 2024. Proses sortir dan pelipatan digelar selama tiga hari.

Proses sortir dan lipat, salah satunya bertujuan untuk menemukan surat suara yang rusak. Sejumlah kartu suara ditemukan ada yang rusak, namun prosentasenya masih kecil. 

Di gudang KPU Kota Yogyakarta, 150 orang PHL mulai menyortir dan melipat kartu suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang berjumlah 321.645 lembar berdasarkan angka daftar pemilih tetap, ditambah 2% surat suara cadangan. 

Selama proses sortir dan lipat ditemukan sejumlah kartu suara yang rusak dengan jumlah persentase yang kecil. Nantinya, surat suara yang rusak akan dibuatkan berita acara untuk diberikan ke KPU DIY guna diganti dengan yang baik. 

Sebelum bekerja, ratusan tenaga sortir dan lipat mendapatkan bimbingan teknis. Selain itu, tenaga sortir dan lipat ini dilarang membawa tas, benda tajam, makanan, dan minuman di lokasi sortir agar tidak merusak surat suara. 

Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamudro mengatakan, 150 tenaga sortir dibagi menjadi beberapa kelompok berisi 5 orang untuk menangani 1 boks berisi 1000 surat suara. Tenaga sortir dan lipat yang didominasi perempuan ini mulai bekerja mulai pukul 8.00 – 16.00 sore.

Untuk surat suara DPD, DPR RI, DPRD DIY, dan DPRD Kota Yogyakarta rencananya akan datang pada minggu 14 Januari 2024 mendatang. KPU Kota Yogyakarta berencana akan menambah tenaga sortir dan lipat mengingat semakin banyaknya jumlah surat suara.

Pewarta: Paulus Yesaya Jati
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI