TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jokowi Sebut Debat Ketiga Capres Saling Serang, Ganjar: Saya Tidak Menyerang Pribadi

Jokowi Sebut Debat Ketiga Capres Saling Serang, Ganjar: Saya Tidak Menyerang Pribadi

9 Januari 2024 17:44 WIB
Jokowi Sebut Debat Ketiga Capres Saling Serang, Ganjar: Saya Tidak Menyerang Pribadi
Jokowi Sebut Debat Ketiga Capres Saling Serang, Ganjar: Saya Tidak Menyerang Pribadi

TVRINews, Jakarta

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo angkat bicara mengenai komentar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut Debat Ketiga Capres menjadi ajang saling menyerang  personal dan bukan substansi. 

Capres berambut putih itu mengatakan, bahwa dalam Debat tidak sekalipun menyerang pribadi atau personal capres lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

"Kalau saya rasanya tidak pernah sekali pun menyerang Pak Prabowo dan Mas Anies secara pribadi. Itu enggak," kata Ganjar, di sela-sela kunjungannya ke Cilacap, Jawa Tengah, Selasa, 9 Januari 2024.

Ganjar menegaskan, yang dikritisi adalah kebijakan pemerintah sesuai tema debat, yakni pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. 

Selain itu, Ganjar mengatakan tetap konsisten menyampaikan visi-misi yang diusung pasangan capres nomor urut 3 terkait bidang pertahanan dan keamanan, juga hubungan internasional dan geopolitik agar diketahui masyarakat. 

"Semua kebijakan kok. Semua yang saya sampaikan visi-misi, bagaimana diplomasi internasional kita, bagaimana kelembagaan kita, bagaimana fighting pada kondisi hari ini, bagaimana alat dari luar negeri kita pakai untuk kepentingan dalam negeri fokus pada ekonomi. Itu kan visi misi," ucap Ganjar. 

Ganjar pun menjelaskan, Capres-Cawapres Nomor Urut 2 juga memiliki visi menciptakan lapangan kerja lewat hubungan internasional, sehingga diplomasinya akan mengarah ke sana. 

Untuk pertahanan, semua harus mendapat perhatian, khususnya untuk pertahanan laut lewat dibentuknya Garda Samudera. Selain itu, alokasi anggaran pertahanan sebesar 1-2 persen dari APBN juga diusung paslon Nomor Urut 2. 

"Bagaimana anggaran 1 sampai 2 persen dari PDB itu adalah target yang mau kita capai untuk anggaran pertahanan, lho itu visi saya, gitu lho, jadi saya sampaikan karena saya ingin mengedukasi," ungkap Ganjar.

Saat ditanya mengenai komentar Jokowi,  Ganjar mengatakan semuanya boleh menilai tentang hasil Debat Ketiga Capres  yang berlangsung di Istora Senayan, pada Minggu, 7 Januari 2024.

Yang pasti, apa yang disampaikannya dalam debat tersebut tidak keluar dari substansi tema, dan sama sekali tidak menyerang personal. 

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI