TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN: Ganjar Mampu Sinergikan Isu Kepentingan Domestik

TPN: Ganjar Mampu Sinergikan Isu Kepentingan Domestik

9 Januari 2024 19:57 WIB
TPN: Ganjar Mampu Sinergikan Isu Kepentingan Domestik
Pakar hubungan internasional TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto, dalam acara diskusi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa (9/1/2024). TVRINews/Fatkhur Rozaq

TVRINews, Jakarta

Pakar hubungan internasional Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto, mengatakan, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mampu membumikan isu elitis dalam debat ketiga, Minggu malam, 7 Januari 2024 kemarin.

"Topik yang sifatnya elitis yang bahkan cenderung sulit untuk dipahami masyarakat umum, namun kemarin khususnya yang kita lihat dari Pak Ganjar itu mencoba membumikan isu-isu elitis tersebut kepada masyarakat umum," kata Noto dalam diskusi media di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2024.

Noto juga mengatakan bahwa Ganjar mampu mensinergikan isu kepentingan domestik dengan internasional. Padahal, menurut dia, sinergi itu sulit dilakukan untuk menjelaskan keterkaitan antara dua isu tersebut kepada masyarakat umum.

Ia juga menjelaskan bahwa Ganjar mampu menjadi pihak yang solutif dalam debat ketiga, terutama mengenai konflik Laut China Selatan.

"Beliau sampaikan kemarin misalnya mengenai Laut China Selatan yang memang isunya tidak sesempit hanya urusan Indonesia, ini urusan berbagai negara begitu ya. Jadi banyak isu-isu yang ditawarkan Pak Ganjar kemarin sifatnya adalah solutif," ucapnya.

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI