TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN Ganjar-Mahfud: Prabowo Mempunyai Pandangan Sempit dengan Kekuatan Militernya

TPN Ganjar-Mahfud: Prabowo Mempunyai Pandangan Sempit dengan Kekuatan Militernya

9 Januari 2024 21:09 WIB
TPN Ganjar-Mahfud: Prabowo Mempunyai Pandangan Sempit dengan Kekuatan Militernya
Pakar hubungan internasional TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto, dalam acara diskusi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa (9/1/2024). TVRINews/Fatkhur Rozaq

TVRINews, Jakarta

Pakar hubungan internasional Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto mengatakan bahwa ia menilai calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memiliki pandangan yang sangat sempit karena memandang kekuatan negara dilihat hanya dengan kekuatan militernya. 

Noto menyampaikan bahwa pada saat debat Prabowo berucap bahwa Indonesia harus memiliki kekuatan militer yang sangat kuat, bila tidak akan bernasib sama seperti Gaza yang ditindas oleh Israel.

“Sayang sekali kemarin yang disampaikan 02 khususnya, Indonesia kuat itu sama dengan militernya kuat. Sesempit itu," kata Thomas Noto dalam acara Media Discussion di Media Lounge TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2024.

Noto beranggapan bahwa kekuatan negara tak dilihat dari kekuatan militer belaka. Ia melanjutkan bahwa kekuatan negara juga bisa dilihat dari kekuatan ekonomi hingga kekuatan berdiplomasi.

"Padahal seperti yang ditawarkan bahwa Indonesia kuat itu memiliki makna yang lebih luas, militer kuat, ekonomi kuat, diplomasi kuat termasuk penguatan agensi kebijakan luar negeri kita, disebutkan misalnya dubes kita perlu diperkuat juga," ucapnya.

“Yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin bahwa kuat itu tidak tradisional orang yang pikirkan, khususnya di masa seperti ini," tuturnya.

 

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI