TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN Ganjar-Mahfud: 3 Hal Penting Bagi Pemilih Muda Tentukan Pilihan pada Pemilu 2024

TPN Ganjar-Mahfud: 3 Hal Penting Bagi Pemilih Muda Tentukan Pilihan pada Pemilu 2024

9 Januari 2024 21:55 WIB
TPN Ganjar-Mahfud: 3 Hal Penting Bagi Pemilih Muda Tentukan Pilihan pada Pemilu 2024
Pakar hubungan internasional TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto, dalam acara diskusi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa (9/1/2024). TVRINews.com/Nisa Alfiani

TVRINews, Jakarta

Pakar hubungan internasional Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Thomas Noto Suoneto mengatakan, bahwa khusus pada isu yang dibahas pada debat capres terakhir, ada tiga hal yang perlu diperhatikan para pemilih muda dalam menyikapi pandangan tiga calon presiden.

“Para pemilih muda harus bisa melihat tiga sikap capres dalam isu hubungan internasional dan politik luar negeri. Pertama, bagaimana seorang capres bisa menarik garis antara kepentingan domestik dan internasional. Kedua, apakah capres bisa mengikuti perkembangan zaman. Ketiga, pandangan capres seharusnya tidak bersifat nasionalisme sempit dan memiliki pikiran tenang serta punya nilai dan pragmatism yang bisa dikombinasikan. Dari debat kemarin, kita lihat semua hal positif itu ada pada capres Ganjar Pranowo,” kata Thomas Noto, dalam Media Discussion di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, 9 Januari 2024. 

Baca Juga: Pakar Politik Internasional Nilai Kepemimpinan Prabowo Sebagai Menhan

Tak lupa, Thomas Noto menggarisbawahi, dalam debat capres terakhir, Ganjar Pranowo menjadi satu-satunya capres yang menawarkan opsi solutif, termasuk mengalokasikan anggaran pertahanan hingga dua persen dari produk domestik bruto. 

“Di sinilah pentingnya efisiensi dan efektivitas operasionalisasi anggaran pertahanan,” ucapnya.

Thomas juga menjawab Prabowo yang merasa dirinya mendapat banyak serangan personal pada debat capres terakhir. 

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Prabowo Mempunyai Pandangan Sempit dengan Kekuatan Militernya

“Dalam sistem pemerintahan presidensial, sikap, sifat, pandangan, dan integritas calon presiden itu penting. Dia harus menjawab semua, termasuk soal kepemilikan lahan, dan lain-lain. Jadi, tuduhan Prabowo terkait adanya serangan personal terhadap dirinya itu kurang valid,” tuturnya.

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI