TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar Minta Tindak Tegas Pelaku Illegal Fishing: Perkuat Keamanan Laut Hingga Tenggelamkan Kapal

Ganjar Minta Tindak Tegas Pelaku Illegal Fishing: Perkuat Keamanan Laut Hingga Tenggelamkan Kapal

10 Januari 2024 07:38 WIB
Ganjar Minta Tindak Tegas Pelaku Illegal Fishing: Perkuat Keamanan Laut Hingga Tenggelamkan Kapal

TVRINews, Cilacap

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyampaikan pernyataan tentang praktik penangkapan ikan yang dilakukan secara ilegal atau lebih dikenal dengan istilah "illegal fishing" yang masih marak terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam pidatonya, Ganjar Pranowo menegaskan bahwa jika dirinya terpilih sebagai Presiden, ia akan berkomitmen untuk menangani permasalahan yang telah merugikan Indonesia ini.

Hal itu disampaikan Ganjar saat berdialog dengan nelayan Cilacap di kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia atau HNSI Cilacap, Selasa, 9 Januari 2024.

Ganjar menyatakan bahwa laut Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki peran sangat krusial. Indonesia dijuluki sebagai negara maritim karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut dan pulau-pulau yang tersebar di seluruh kepulauan.

“Kenapa kelautan kita penting? Pertama negara kita adalah negara maritim. Laut kita luas, budaya kita melaut luar biasa pulau kira banyak pariwisata banyak dan perikanan juga banyak,” ujar Ganjar.

Kemudian, pada debat ketiga Pilpres pada hari Minggu, 7 Januari 2024 kemarin,  Ganjar sangat menekankan pentingnya menjaga keamanan sektor laut Indonesia.

Diketahui tema debat ketiga tersebut adalah tentang Pertahanan, Keamanan Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Menurut Ganjar, sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya laut, Indonesia harus memastikan bahwa sektor lautnya mendapat penjagaan ekstra guna mencegah praktik illegal fishing yang merugikan negara.

Jika terpilih sebagai Presiden, Ganjar berkomitmen untuk menegakkan kedaulatan laut Indonesia. Salah satu caranya adalah menenggelamkan kapal-kapal asing yang tertangkap melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

“Laut sangat luas mesti dijaga, mesti karena catatan kami wabilkhusus perikanan juga diambil orang. Ada namanya penangkapan ikan secara ilegal, saya setuju dengan Bu Susi dulu. Mencuri ilegal, tenggalamkan,” tegas Ganjar.

Karena merasa bertanggung jawab terhadap keamanan dan kesejahteraan rakyat Indonesia, ia memiliki tekad untuk meningkatkan pengawasan sektor laut di Indonesia.

Hal ini diutarakan sebagai upaya untuk memperkuat keamanan di lembaga-lembaga terkait melalui sistem komando tunggal yang dilengkapi dengan peralatan canggih dan modern.

“Maka mesti ada patroli kekuatan. Ada dari kelautan, dari kementerian, dari TNI AL, dari Polairud, macem-macem yang ngurusin. Yang banyak  dijadikan satu dan kita kuatkan aga kita lengkapi dengan perlatan yang modern,” ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menegaskan bahwa keamanan laut Indonesia yang terjaga dengan baik akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para nelayan dalam melakukan kegiatan penangkapan ikan.

“Amankan dulu, setelah aman nelayan mulai bisa mengeluarkan kekuatan untuk bisa memanfaatkan sumber dayanya,” tutur Ganjar.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI