RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Pemilu 2024, MPR Ingatkan Para Notaris Jaga Persatuan-Kesatuan

​Pemilu 2024, MPR Ingatkan Para Notaris Jaga Persatuan-Kesatuan

10 Januari 2024 13:05 WIB
​Pemilu 2024, MPR Ingatkan Para Notaris Jaga Persatuan-Kesatuan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (tengah) saat melakukan wawancara dengan awak media seusai acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI), Di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2024). (Foto: Humas MPR RI)

KBRN, Jakarta: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau, seluruh notaris di Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan di Indonesia. Terutama, jelang Pemilu 2024 yang bakal dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Mengimbau para notaris yang memiliki posisi, pengaruh dan jaringan kepada masyarakat. Menghadapi pesta demokrasi, para notaris jangan terprovokasi atau memprovokasi masyarakat untuk satu pilihan dalam pilpres maupun pileg mendatang," kata Bamsoet seusai menghadiri acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI),
Di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Bamsoet mengatakan, perbedaan pilihan dalam pesta demokrasi lima tahunan merupakan bentuk keniscayaan. Namun, dari keniscayaan itu, harus dipupuk dan diutaman rasa persatuan dan kesatuan.

"Kita boleh berbeda (pilihan) partai, boleh berbeda pilihan (capres-cawapres), namun mengutamakan persatuan dan kesatuan. Mengharapkan juga, berpolitiklah sekedarnya, bertemanlah selamanya," ucap Bamsoet.

Lebih lanjut, ia tidak menginginkan, perbedaan pilihan politik di Pemilu 2024 menjadi perpecahan di masyarakat. Tali persaudaraan sesama anak bangsa harus dijaga dan dipererat.

"Karena, apalah artinya sebuah kemenangan kalau kita sebagai bangsa terpecah-belah. Notaris adalah orang yang sangat terdidik, pengetahuan hukum tinggi, sudah seharusnya memberikan contoh sekaligus menjaga lingkungannya kondusif," ujarnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI