RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPK dan Perwakilan Capres-Cawapres Bahas Gagasan Antikorupsi

KPK dan Perwakilan Capres-Cawapres Bahas Gagasan Antikorupsi

10 Januari 2024 18:30 WIB
KPK dan Perwakilan Capres-Cawapres Bahas Gagasan Antikorupsi
Plt jubr pencegahan KPK , Ipi Maryati Kuding. Foto : Humas KPK

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai membahas konsep adu gagasan antikorupsi untuk tiga Capres-Cawapres. Adu gagasan antikorupsi ini akan diselenggarakan, Rabu, 17 Januari 2024.

"Rapat koordinasi teknis persiapan kegiatan penguatan antikorupsi atau PAKU Integritas khusus bagi paslon capres dan cawapres 2024 telah dilaksanakan hari ini. Kegiatan itu dihadiri oleh perwakilan dari ketiga paslon," kata plt jubir pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding, Rabu (10/1/2024).

Ipi menjelaskan dalam rapat kordinasi tersebut terdapat konsep dan teknis adu gagasan yang diselenggarakan KPK. Gagasan itu termasuk dalam komitmen antikorupsi bagi tiga paslon Capres dan Cawapres.

"Dalam rapat kortek tersebut dijelaskan konsep kegiatan dan teknis penyelenggaraan acara," katanya.

Sementara itu, Perwakilan TPN Ganjar-Mahfud, Hotasi Nababan mengatakan, bahwa Capres Ganjar Pranowo siap hadir dalam kegiatan ini. Namun, ia tak menjelaskan secara detail, visi apa yang akan disampaikan oleh Ganjar.

"Pasti datang. Iya (konfirm ke KPK)," kata Hotasi digedung ACLC KPK, Rabu (10/1/2024).

Siketahui, Paku Integritas merupakan kegiatan pencegahan melalui pendekatan pendidikan antikorupsi. Kegiatan penguatan integritas dan antikorupsi kepada paslon capres dan cawapres 2024 ini dimaksudkan sebagai pembekalan kepada paslon untuk selalu memberikan keteladanan dalam menjalankan peran dan tugasnya ke depan.

Selain itu juga untuk memperkuat komitmen antikorupsi para paslon. Harapannya, ke depan dapat mendorong kebijakan-kebijakan yang mendukung pemberantasan korupsi sesuai ratifikasi UNCAC dan Jakarta Statement on Principle for Anticorruption Agencies.

Pewarta: Chairul Umam
Editor: Bara
Sumber: RRI