RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kadin akan 'Kupas' Visi Misi Ekonomi para Capres

Kadin akan 'Kupas' Visi Misi Ekonomi para Capres

10 Januari 2024 19:45 WIB
Kadin akan 'Kupas' Visi Misi Ekonomi para Capres
Kiri ke kanan: Sekretaris Dewan Pakar Timnas Anies-Muhaimin, Wijayanto Samirin, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek & Inovasi, Carmelita Hartoto, Wakil Bendahara Umum TKN Prabowo-Gibran, Bobby Gafur Umar, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, Deputi Operasi 247 TPN Ganjar-Mahfud, Denon Prawiraatmaja dan Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi usai menggelar konferensi pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024) (Foto: RRI/Lukman Tara)

KBRN, Jakarta: Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Indonesia bersama Kadin DKI Jakarta akan menggelar dialog bersama calon presiden (Capres). Dialog yang akan digelar di Djakarta Theater pada Kamis (11/1/2024), akan mengupas visi misi serta program para Capres.

Plt Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, mengatakan, perekonomian Indonesia menghadapi tantangan dari luar maupun dalam negeri. Adanya potensi perlambatan ekonomi dan kenaikan inflasi global, hingga perubahan iklim ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. 

Tantangan dari dalam negeri, kata Yukki, berkaitan dengan stabilitas politik dan keamanan. Dalam perhelatan pemilihan umum 2024, harapannya agar tercipta iklim usaha yang kondusif.

“Pemilu tahun 2024 merupakan momentum penting bagi pelaku usaha, bisnis, dan investasi di Indonesia. Melalui dialog Capres bersama Kadin, dunia usaha menggarisbawahi pentingnya pelaksanaan transisi kepemimpinan yang damai untuk mencapai Indonesia Emas 2045," kata Yukki, saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/1/2024)

Kadin senantiasa berkomitmen untuk menjaga netralitas, fokus pada pertumbuhan ekonomi, serta stabilitas politik jangka panjang. Karena itu, Kadin melibatkan berbagai asosiasi industri dan perusahaan anggota di pusat dan daerah untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional.

Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi mengungkapkan, dialog ini menjembatani para pengusaha daerah dengan calon pemimpin negara. Melalui inisiatif pembangunan, Kadin mendorong agar dunia usaha di kota atau daerah dapat memiliki daya saing global. 

Dalam konteks inilah, Kadin DKI Jakarta turut antusias memberikan masukan dan pandangan dunia usaha perkotaan yang dapat digunakan oleh para Capres. Kadin Daerah di 34 Provinsi turut berkontribusi serta ingin menyaksikan langsung peran strategis Kadin pada visi dan misi Capres,” ujar Diana. 

Diketahui, Kadin Indonesia telah membuat peta jalan (roadmap), bagi dunia usaha dan pemerintah untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Peta jalan tersebut menekankan pada empat pilar, yaitu ketahanan pangan dan kesehatan, kesejahteraan, inklusivitas, serta keberlanjutan.

Tiga Calon Presiden dalam pilpres 2024 dijadwalkan menghadiri undangan dialog ekonomi yang digelar KADIN di Djakarta Theater, Kamis (11/1/2024). Para Capres akan memaparkan visi dan misi serta program ekonomi 2024-2029 dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. 


Pewarta: Lukman Tara
Editor: Cecep
Sumber: RRI