TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Wacana Koalisi Anies dan Ganjar Bersatu pada Putaran Kedua, Nusron Wahid Optimis Pilpres hanya Satu Putaran

Wacana Koalisi Anies dan Ganjar Bersatu pada Putaran Kedua, Nusron Wahid Optimis Pilpres hanya Satu Putaran

11 Januari 2024 15:43 WIB
Wacana Koalisi Anies dan Ganjar Bersatu pada Putaran Kedua, Nusron Wahid Optimis Pilpres hanya Satu Putaran
Wacana Koalisi Anies dan Ganjar Bersatu pada Putaran Kedua, Nusron Wahid Optimis Pilpres hanya Satu Putaran

TVRINews, Jakarta

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menyatakan tak akan terpengaruh dengan wacana koalisi antara pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud pada putaran kedua Pilpres 2024. TKN optimis pada Pilpres 2024 ini akan berlangsung satu putaran.

Sekretaris TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Nusron Wahid mengatakan pihaknya masih fokus memenangkan dengan target satu putaran.

"Kami belum ada bayangan dua putaran. Kami yakin satu putaran saja, dan 14 Februari 2024 itu Pilpres sudah selesai," kata Nusron di Media Center Prabowo-Gibran di Jakarta Selatan, Kamis, 11 Januari 2024.

Nusron mengklaim kemenangan satu putaran membuat TKN tidak mempertimbangkan opsi koalisi setelah itu. Menurutnya, lanjut Nusron, Keyakinan TKN didasarkan pada survei lembaga kredibel dan survei internal, yang menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran terus meningkat mendekati 50 persen. Nusron menegaskan bahwa banyak masyarakat menginginkan Pilpres hanya satu putaran karena kelelahan dengan kontestasi Pemilu 2024. Politikus Partai Golkar tersebut percaya bahwa rakyat ingin Pilpres selesai pada 14 Februari 2024, sehingga mereka dapat fokus pada persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain itu, Nusron menunjukkan bahwa mengakhiri Pilpres dalam satu putaran juga akan efisien secara finansial. Dengan mencegah Pilpres 2024 berlangsung dua putaran, ia menambahkan bahwa peserta pemilu dapat menghemat anggaran negara yang dikelola KPU sebesar Rp 27 triliun.

"Rp 17 triliun anggaran KPU untuk penyelenggaraan dan Rp 10 triliun untuk anggaran pengamanan," ujar Nusron.

Pilpres dalam satu putaran juga dianggap efisien dalam hal anggaran kampanye dari tim sukses dan pihak yang terlibat dalam kontestasi. Berdasarkan pantauan tvrinews.com, Calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, diberitakan terbuka terhadap kemungkinan kolaborasi dengan pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin) jika Pilpres 2024 harus melibatkan dua putaran. Ganjar menyatakan hal ini setelah Anies bersalaman dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani setelah debat ketiga capres.

"Ya semua kemungkinan dapat terjadi. Saya juga salaman sama Mas Anies, salaman juga dengan Pak Prabowo juga. Jadi Mas Anies kita salaman, Pak Prabowo salaman, saya salaman semuanya," kata Ganjar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa kemarin, 10 Januari 2024.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI