TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies: Jika Menang di Pilpres, Saya Akan Libatkan Kadin untuk Menyusun Kebijakan

Anies: Jika Menang di Pilpres, Saya Akan Libatkan Kadin untuk Menyusun Kebijakan

12 Januari 2024 08:41 WIB
Anies: Jika Menang di Pilpres, Saya Akan Libatkan Kadin untuk Menyusun Kebijakan
Anies: Jika Menang di Pilpres, Saya Akan Libatkan Kadin untuk Menyusun Kebijakan

TVRINews, Jakarta

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyampaikan jika terpilih sebagai presiden, ia akan melibatkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dengan prinsip kolaborasi dalam menyusun kebijakan.

Hal itu ia sampaikan, di acara Dialog Capres Bersama Kadin, dengan tema ‘Menuju Indonesia Emas 2045’ di The Ballroom, Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 11 Januari 2024.

"Prinsip kolaborasi itu artinya kita yang berada di pemerintahan memang pegang kewenangan. Tapi, dalam menyusun kebijakan bukan hanya mengundang untuk partisipasi, tapi melakukan kolaborasi," kata Anies, Kamis, 11 Januari 2024, malam hari.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan maksud dari kolaborasi tersebut yaitu adanya mekanisme proses imbal balik antara gagasan pemerintah dan pelaku usaha, sebelum menjadi regulasi.

"Kolaborasi itu satu level di atas partisipasi. Ada proses imbal balik, antara gagasan yang dimiliki oleh pemerintah dengan gagasan yang dimiliki oleh pelaku usaha didiskusikan, dibahas bersama, kemudian baru muncul menjadi regulasi," tuturnya.

Selain itu, Anies menyebutkan Kadin tidak hanya akan dilibatkan di tingkat pusat, tetapi juga di tingkat daerah.

"Kadin itu adalah sebuah entitas bersama, untuk kebutuhan administrasi dan manajemen dibagi kadin pusat dan kadin daerah," pungkasnya.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI