TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Yakin Bangun 40 Kota, Timnas AMIN: Akan Jadi Smart City dan Menambah Daya Tarik Pariwisata

Yakin Bangun 40 Kota, Timnas AMIN: Akan Jadi Smart City dan Menambah Daya Tarik Pariwisata

12 Januari 2024 20:31 WIB
Yakin Bangun 40 Kota, Timnas AMIN: Akan Jadi Smart City dan Menambah Daya Tarik Pariwisata
Awalil Rizky, Anggota Dewan Pertimbangan Timnas AMIN di Brawijaya X no 46, Jumat, 12 Januari 2024 (TVRINews/Nirmala Hanifah)

TVRINews, Jakarta

Timnas AMIN buka suara soal gagasan calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terkait pembangunan 40 kota selevel Jakarta di berbagai wilayah di Indonesia.

Anggota Dewan Pertimbangan Timnas AMIN, Awalil Rizky menerangkan, jika pihaknya yakin pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan membangun 40 kota tersebut.

“Sebetulnya saya sudah melakukan diskusi dengan Ahli Tata Kota UII, Suparwoko dan Akademisi Management Strategic Universitas AMIKOM Yogyakarta Muhammad Hamid Wijaya. Dan kami yakin, ide 40 kota itu cukup disable dan ini dengan cara-cara teknis tertntu dan kondisi politik tertentu,” kata Awalil di Brawijaya X No. 46, Jumat, 12 Januari 2024.

Tak hanya itu, Awalil mengatakan demokratis menjadi alasan pasangan AMIN untuk membangun 40 kota.

“Artinya, bahwa pasangan AMIN ingin menekankan dan memfokuskan kepada pembangunan ke banyak kota dengan alasan demokratis. Bukan hanya satu kota yakni IKN,” ucapnya.

Mengenai biaya membangun 40 kota tersebut, kata Awalil, pihaknya sudah mempersiapkan perhitungan APBN.

“Soal biaya, kami sudah terbayang. Sebagaimana menurut pakar, bahwa APBN tak perlu selalu menambahi jumlah belanja saat membangun (ke 40 kota tersebut),” terangnya.

“Jadi input anggaran, dinyatakan dengan output dan outcome itu bisa dengan input. Sehingga, totalnya sama dengan sebagai realokasi penajaman dan kuncinya disitu,” sambungnya.

Timnas AMIN juga yakin, jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, pasangan AMIN dapat  membangun 40 kota.

“Kami yakin, 5 tahun cukup dan jika ditanya apakah sudah selesai? Kami yakin tak ada kota yang langsung selesai dibangun. Kota yang sudah dibangun, nantinya akan menyelesaikannya dengan sendiri,” ujarnya.

“Nantinya ke-40 kota itu, akan kami bangun jadi green city, smart city dan menarik pariwisata,” lanjutnya.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI