TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Timnas AMIN Nilai Upgrade 40 Kota Lebih Efektif Dibanding IKN

Timnas AMIN Nilai Upgrade 40 Kota Lebih Efektif Dibanding IKN

12 Januari 2024 22:32 WIB
Timnas AMIN Nilai Upgrade 40 Kota Lebih Efektif Dibanding IKN
Foto: Anggota Dewan Pakar Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ahmad Nur Hidayat di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jum

TVRINews, Jakarta

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), memiliki gagasan akan membangun 40 kota setara Jakarta. 

Anggota Dewan Pakar Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ahmad Nur Hidayat mengatakan pembangunan puluhan kota ini dinilai jauh lebih efektif untuk pemerataan pembangunan dibanding Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Nah, manakah yang paling banyak atau menurut kami paling baik untuk melakukan pemerataan pembangunan. Maka, tentunya 40 kota itu jauh lebih banyak, jauh lebih efektif, kalau kita membicarakan pemerataan pembangunan," kata Ahmad di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Januari 2024.

Selain itu, kata Ahmad, pembangunan IKN membutuhkan anggaran dana Rp466 triliun. Maka dari itu, ia mengaku jika Timnas AMIN saat ini memiliki alternatif lain dengan membangun 40 kota setara Jakarta. 

Namun, terlepas dari besarnya dana anggaran pengeluaran, ia menyadari jika IKN adalah perintah undang-undang.

"Artinya kita sebagai bangsa harus melaksanakan ya, tetapi kalau seandainya kita diberikan opsi pilihan, maka pilihan kita adalah membangun mengupgrade 40 kota, bukan membangun dari nol ya," ujarnya.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI