RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Legislator Minta Masyarakat Aktif Jaga Pemilu Demokratis

Legislator Minta Masyarakat Aktif Jaga Pemilu Demokratis

13 Januari 2024 07:27 WIB
Legislator Minta Masyarakat Aktif Jaga Pemilu Demokratis
Anggota Komisi II DPR, Wahyu Sanjaya dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI tentang pelaksanaan Pemilu 2024 Kamis (12/1/2024). (Foto: RRI NET)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi II DPR, Wahyu Sanjaya meminta masyarakat menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan demokratis. Terutama dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilu tersebut.

"Kita harus menjaga tetap demokratis karena itu esensi pemilihan umum." Demikian Wahyu Sanjaya dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Kamis (12/1/2024). 

Untuk itu, ia berharap ke depannya peran serta masyarakat harus dapat dipermudah. Terutama dalam memantau tahapan pemilu.

"Ini karena untuk menjadi pemantau pemilu prosesnya cukup panjang, harus disahkan dulu oleh Bawaslu. Apakah pemantau pemilu tingkat nasional atau tingkat daerah," ujarnya.

Menurutnya, dengan banyaknya aturan dalam memantau pemilu dikhawatirkan pengawasannya menjadi lemah. Padahal, ia yakin masyarakat sangat berminat untuk berpartisipasi untuk mengawasi pemilu ini menjadi lebih demokratis.

"Regulasinya menurut saya harus banyak diperbaiki. Yang ada sekarang tidak update lagi dengan kondisi yang ada di lapangan," ucapnya.

Di sisi lain, Wahyu menekankan pentingnya masyarakat untuk mencegah terjadinya politik uang. Selain itu, masyarakat juga perlu mengawal agar tidak terjadi keberpihakan penyelenggara pemilu terhadap salah satu pasangan calon dalam pilpres 2024. 

"Ini penting yang harus dilakukan masyarakat dalam pemilihan umum tersebut.  Saya harap hal itu ditentukan pada kinerja serta karakter dari partai politik tersebut,” ujar Wahyu.  

Terkait masa kampanye, Wahyu meminta kepada seluruh pihak terkait agar dapat mengawal dan memonitor dalam pelaksanaannya nanti. Ia berharap ketertarikan dan keterlibatan masyarakat bukan sepenuhnya ditentukan oleh nomor partai politik.



Pewarta: Iman
Editor: witokaryono
Sumber: RRI