RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pos Indonesia: Cuaca Jadi Kendala Pendistribusian Surat Suara

Pos Indonesia: Cuaca Jadi Kendala Pendistribusian Surat Suara

13 Januari 2024 15:17 WIB
Pos Indonesia: Cuaca Jadi Kendala Pendistribusian Surat Suara
Corporate Secretary PT Pos Indonesia Tata Sugiarta saat berbincang dengan Pro3 RRI, Sabtu (13/1/2024). (Foto: Tangkapan layar RRI Net)

KBRN, Jakarta: Corporate Secretary PT Pos Indonesia Tata Sugiarta mengatakan tidak ada kendala signifikan dalam pendistribusian surat suara ke beberapa daerah dan luar negeri. Namun, kendala utama yang terjadi adalah faktor cuaca yang sedang tidak bersahabat.

"Kalau di daerah 3T itu kendalanya cuaca, misalnya moda yang kita pakai bisa jadi terbatas. Kemudian juga kalau cuacanya sedang tidak bersahabat ada hujan besar," katanya saat berbincang dengan Pro3 RRI, Sabtu (13/1/2024).

Ia memastikan kemasan surat suara tetap aman dan tidak rusak. Hal ini dikarenakan PT Pos Indonesia tidak mendistribusikan sendirian.

"Tapi kita tidak sendiri mendistribusikan itu. Tentu dibantulah sama TNI Polri untuk pengamanan dan pengawalannya," ujarnya.

Ia mengatakan tujuan distribusi ini dilakukan tidak hanya di dalam negeri. PT Pos Indonesia kurang lebih mendistribusikan ke 128 negara dan sekitar 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

"Sampai hari ini belum ada yang rusak, semoga tidak terjadi, karena dari pihak KPU sendiri sudah mempersiapkan kemasannya sedemikian rupa. Cukup aman lah walaupun hujan atau gimana kemasannya tetap bagus," katanya.

"Karena ini bukan Pemilu pertama, sudah berpuluh tahun. Jadi KPU sudah menyiapkan segala sesuatu dengan baik sehingga cukup aman."

Pewarta: Mosita
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI