RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Pendukung Sambangi Moderator, Masuk Catatan Persiapan Debat Keempat

​Pendukung Sambangi Moderator, Masuk Catatan Persiapan Debat Keempat

13 Januari 2024 16:00 WIB
​Pendukung Sambangi Moderator, Masuk Catatan Persiapan Debat Keempat
Suasana debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: KPU RI mengatakan, persoalan pendukung menyambangi moderator debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 jadi pembahasan evaluasi. Tepatnya, dalam pembahasan persiapan debat keempat untuk cawapres pada 21 Januari 2024 mendatang.

"Kalau itu sebenernya bebannya bukan di media penyelenggara, itu bebannya ada di KPU dan tim paslon (capres-cawapres). Kan di tim paslon itu ada pendukung," kata Mellaz dalam keterangan persnya, Sabtu (13/1/2024).

Demi menghindari kejadian serupa, Mellaz menegaskan, KPU akan mengoptimalkan LO (Liaison Officer) tiap timses capres-cawapres. Tata tertib debat capres-cawapres, diharapkan diindahkan oleh seluruh pendukung tiap kandidat.

"Uurusannya tentu mengoptimalkan peran dari LO setiap tim paslon, menyampaikan kepada pendukungnya agar menaati tata tertib. Kalau dari sisi undangan, KPU tentu akan lakukan penanganan," ucap Mellaz.

Pada insiden pendukung mendatangi moderator, Mellaz menuturkan, sudah dibahas juga di internal KPU. Diharapkannya, debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024 bisa berjalan lancar tanpa gangguan.

"Sudah disampaikan pada evaluasi sebelumnya dengan tim paslon dan KPU dan kemudian sudah dibahas di internal KPU. Nanti akan ada proses yang akan di lakukan oleh KPU untuk itu," ujar Mellaz.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI