RRI

Parasut Bekas Robek, NSR Yalatif Raih Emas

30 September 2021 13:30 WIB
Parasut Bekas Robek, NSR Yalatif Raih Emas

KBRN, Padang: Kemampuan, prestasi, rezeki dan keselamatan merupakan faktor penting yang tidak dipisahkan dari Gantole, olahraga ekstrim yang dilakoni Abdul Latif yang akrab disapa NSR Yalatif.

NSR Yalatif berhasil memperoleh emas perdananya di ajang PON XX Papua, di nomor ketepatan mendarat menjadikan dirinya telah merebut 3 medali emas, setelah sebelumnya di PON Jawa Barat 2016 lalu, Yalatif juga berhasil mendulang 2 medali emas.

Bagi NSR Yalatif, prestasi emas merupakan prestasi yang digapai berkat latihan, kemampuan serta kondisi fisik yang tetap harus terjaga.

"Prestasi ini saya persembahkan untuk seluruh warga Sumatera Barat, yang telah mendukung dan mensupport perjuangan kami, sehingga dapat meraih emas di PON Papua ini,” ungkapnya pada RRI, Kamis, (30/9/2021).

Menurutnya, meski tampil dengan alat terbang bekas PON Jawa Barat  2018 lalu, ditambah kondisi layar yang rusak usai dijahit karena sebelumnya telah robek, namun tidak mengurangi semangat dan motivasi serta keberanian Yalatif.

Meski harus bersaing dengan pilot daerah lain dengan kondisi alat terbang yang representatif, NSR Yalatif akhirnya menjadi yang terbaik di nomor ketetapatan mendarat.

“Kebetulan di nomor ketetapan mendarat itu, saya masih pake peralatan lama eks PON Jabar 2016 lalu, pengadaaan Koni Dharmasraya tahun 2014. Jadi sudah sangat tua, ditambah kondisinya yang pernaih dijahit karena layarnya robek. Jadi sempat was-was,” ujar Yalatif dengan tawa bangganya.

Selanjutnya NSR Yalatif lelaki kelahiran Bulu Kasok, Sijunjung 15 Mei 1988  akan kembali menggapai impiannya untuk menambah koleksi emasnya dari nomor terbang Lintas Alam  yang akan diiikuti bersama Roni di kelas B.

Dalam penampilan kedua tersebut, atlet gantole Sumbar yang telah menggeluti Cabang Gantole sejak 2019 lalu berharap dukungan serta doa masyarakat Sumatera Barat, dapat  tampil baik dalam nomor lintas alam yang dilaksanakan di Lapangan Advent Doyo Baru Kota Jayapura.

Sementara itu, Rijalul Fathani, rekan NSR Yalatif sesama atlet Gantole Sumbar mengapresiasi keberhasilan pilot andalan Sumbar tersebut. Menurutnya dengan kemampuan yang dimiliki serta keuntungan yang diperoleh selama perlombaan berlangsung mampu dimanfaatkan selama perlombaan.

“Sesama atlet Gantole Sumbar, sangat bangga dengan prestasi emas yang diraih NSR Yalatif. Dengan kemampuan yang dimiliki, mampu mengatasi setiap rintangan yang dihadapi selama perlombaan. Dan Kita juga mohon  doa masyarakat Minangkabau, dalam nomor lintas alam yang akan diikuti, Sumbar kembali berjaya,” harapnya.

Kini 4 atlet Gantole Sumbar yang akan berjuang di Nomor Lintas Alam akan berjuang menjadi yang terbaik. Diharapkan denggan kondisi sarana alat terbang baru yang disiapkan Koni Sumbar, akan berbuah, prestasi bagi cabang Gantole Sumatera Barat.

Pewarta: Iwan Setiawan
Editor: Nugroho
Sumber: RRI