RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kerukunan Masyarakat Dinilai Tetap Terjaga Jelang Pemilu 2024

Kerukunan Masyarakat Dinilai Tetap Terjaga Jelang Pemilu 2024

14 Januari 2024 13:20 WIB
Kerukunan Masyarakat Dinilai Tetap Terjaga Jelang Pemilu 2024
Suasana pendukung capres-cawapres 03 pada debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Kerukunan masyarakat dinilai tetap terjaga dan bahkan meningkat di tengah perbedaan pilihan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Demikian disampaikan Deputi VI Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Warsito, pada perbincangan dengan RRI Pro 3, Minggu (14/1/2024).

"Pemahaman, pengetahuan, dan pendidikan pemilu kali ini lebih baik dibandingkan sebelumnya," ujarnya. Menurut Warsito, dominasi pemilih muda berusia 21-30 tahun hingga 54 persen itu menjadi hal penting pada Pemilu 2024.

"Idealnya, kelompok usia tersebut biasanya membawa riuh, tetapi faktanya tidak," ucapnya. Hal ini menandakan pendidikan politik dan demokrasi pada Pemilu 2024 semakin berkualitas.

Karena itu, Warsito mendorong kerukunan masyarakat ini harus dipertahankan ke depannya. Pendidikan politik pun harus digencarkan untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik lagi.

"Masyarakat Indonesia pada dasarnya memiliki jiwa kerukunan dan toleransi," ujarnya. Sehingga Warsito optimistis hal itu dapat berlangsung seiring meningkatnya pendidikan politik dan demokrasi. 

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI