RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPAI Minta Pemasangan APK Penuhi Standar Keamanan

KPAI Minta Pemasangan APK Penuhi Standar Keamanan

14 Januari 2024 18:00 WIB
KPAI Minta Pemasangan APK Penuhi Standar Keamanan
Ilustrasi pemasangan alat peraga kampanye di suatu daerah (Foto: Antara Fito/Arnas Padda)

KBRN, Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berharap standar keamanan pemasangan alat peraga kampanye (APK) ditingkatkan. Ini termasuk standar keamanan bagi anak-anak.

"Kita berharap penyelenggara untuk bisa meningkatkan serta melakukan pengawasan terkait PKPU. Dimana derah-daerah yang dipasang alat peraga kampanye tersebut berbicara soal standar keamanan. Kita khawatir dengan keselamatan atas pengendara atau masyarakat yang berjalan dekat dengan baliho yang tidak memiliki standar keamanan tersebut, karena bisa saja dapat berpotensi mengalami kecelakaan atau korban selanjutnya," kata Wakil Ketua KPAI Jasra Putra dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Minggu (14/1/2024).

Ia mengatakan dalam aturannya, pemasangan iklan, seperti baliho di jalan, harus memiliki standar keamanan. Namun, pada pemasangan baliho kampanye caleg dan sejenisnya, tidak terlihat ada standar pemasangan yang aman dan nyaman. 

Ia mengatakan pihak ketiga memasang APK tersebut tanpa memedulikan keamanan sekitar lingkungannya, termasuk keamanan pada anak-anak. Ini membuat keberadaan APK itu mengkhawatirkan, apalagi di tengah musim hujan akhir-akhir ini.

"Karena anak ini kan dia tidak mengerti dan memahami hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan dirinya. Karena sebelumnya sudah kejadian yang ada di dalam video beredar tertimpa baliho," ucap Jasra.

Ia juga mengharapkan keterlibatan RT-RW setempat untuk mengawasi pemasangan ini. RT-RW tersebut harus mengingatkan tim kampanye agar memperhatikan keamanan lingkungan saat memasang APK.

"Jangan sampai sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, melihat situasi cuaca akhir ini dengan angin, hujan, dan lainnya. Apalagi diikat dengan tali rafia, tentu itu akan berpotensi (membahayakan-red) terhadap anak-anak kita," ujarnya.

Pewarta: Vinta
Editor: Nugroho
Sumber: RRI