TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Akan Jadikan Kota Ambon Sebagai Ibu Kota Industri Perikanan

Anies Akan Jadikan Kota Ambon Sebagai Ibu Kota Industri Perikanan

15 Januari 2024 12:12 WIB
Anies Akan Jadikan Kota Ambon Sebagai Ibu Kota Industri Perikanan

TVRINews, Ambon

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan mengatakan Kota Ambon kedepannya akan dijadikan sebagai ibukota industri perikanan. Hal itu dikarenakan potensi laut Maluku dalam hal perikanan sangat berlimpah.

“Jadi kita melihat Indonesia ini sebagai sebuah negeri yang memiliki potensi luar biasa dan tidak boleh disamakan potensi dari satu tempat ke tempat lainnya setiap tempat memiliki keunggulannya kekuatannya begitu juga dengan kawasan Maluku dan Ambon di sini memiliki potensi perikanan yang luar biasa luar biasa perikanan di sini jadi kami melihat yang pertama kita ingin menjadikan Ambon sebagai pusat sebagai ibukota industri perikanan Indonesia,” kata Anies saat melakukan kampanye di Tial, Maluku Tengah, Senin, 15 Januari 2024.

Besarnya potensi perikanan di laut Maluku, kata Anies, belum membuat nelayan yang ada hidup sejahtera. Oleh karena itu, Anies menyebut diperlukan nya industri perikanan yang berskala nasional bahkan internasional dengan melibatkan para nelayan agar kehidupan mereka dapat tumbuh dan berkembang.

Selain itu, Anies menuturkan bila Ambon dijadikan ibukota industri perikanan, maka pembangunan Ambon New Port dapat kembali dilanjutkan dengan dukungan potensi yang besar di Maluku yang memiliki tiga wilayah pengelolaan perikanan (WPP) dari 11 yang ada di tanah air.

“Di sinilah pusat perdagangan perikanan, di sinilah pusat yang kita bisa sebut sebagai lumbung ikan nasional. Jadi ketika ini menjadi lumbung ikan Nasional artinya apa? kita harus melaksanakan Ambon New Port menjadi kenyataan. Harapan itu sudah lama diangan-angan kita, insya Allah ingin ubah supaya harapan jadi kenyataan. Kemudian kita juga ingin memastikan bahwa nelayan kecil akan tumbuh berkembang,” ucapnya.

Selain itu, Anies juga akan membangun fasilitas Museum Musik Ambon yang akan memberi ruang bagi seniman Ambon, mengingat Ambon didaulat sebagai kota Musik.

“Ambon ini adalah kota musik dunia yang mengatakan itu siapa? UNESCO. Karena itu kita ingin mengembangkan tempat di mana musisi, seniman musik bisa tampil. Ambon Concept Hall yaitu sebuah tempat di mana kita akan memiliki sebuah fasilitas untuk museum musik Ambon studio musik Ambon dan ruang temu komunitas musik di Ambon,” ujarnya.
 
Tidak hanya musik dan kemajuan pengelolaan perikananan di Kota Ambon, Kemajuan kota Ambon di bidang olahraga juga tidak luput dari perhatian dari calon presiden nomor urut satu itu.  
 
“Yang tidak kalah penting, barangkali nanti kedepannya kita juga ingin memajukan kegiatan olahraga di Ambon tapi intinya adalah satu Ambon menjadi ibukota ibukota industri perikanan Indonesia,” tuturnya.

Pewarta: Boy Nahrum
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI