RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Urusan Logistik Pemilu 'On The Track'

KPU Pastikan Urusan Logistik Pemilu 'On The Track'

15 Januari 2024 12:50 WIB
KPU Pastikan Urusan Logistik Pemilu 'On The Track'
Sejumlah pekerja melipat dan menyortir surat suara untuk Pilpres 2024 di gudang logistik Pemilu Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Jumat (12/1/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa)

KBRN, Jakarta: KPU memastikan, urusan logistik Pemilu 2024 berjalan on the track (sesuai rencana). Komisioner KPU August Mellaz mengatakan, pihaknya berjanji selalu meng-update perkembangan mutakhir persoalan distribusi logistik Pemilu 2024.

"Posisi logistik pemilu baik di dalam negeri maupun di luar negeri masih berlangsung on the track. Bahkan pemilu luar negeri itu malh dapat prioritas hal tersendiri," kata Mellaz dalam keterangan persnya, Senin (15/1/2024).

Prioritas yang dimaksud KPU itu, Mellaz mengungkapkan, seperti distribusi logistik pemilu harus dilakukan 30 hari sebelum hari H. Logistik di luar negeri itu harus selesai tepat waktu.

"Sebagaimana update secara reguler ya diberikan oleh KPU misalnya dalam bentuk rilis ataupun dalam konfrensi pers. Isu tertentu selalu ada update yang disampaikan ke teman-teman media," ucap Mellaz.

Proses produksi, distribusi, dan penerimaan logistik Pemilu 2024 diproyeksikan rampung pada 15 Januari 2024. Sedangkan sehari sebelum pemungutan suara 14 Februari 2024, distribusi logistik sudah harus sampai di gudang penyimpanan KPU kabupaten/kota.

Demikian disampaikan Komisioner KPU, Yulianto Sudrajat, Minggu (7/1/2024). "Itu timeline yang sudah ditetapkan dan akan terus kami pantau dan kawal melalui KPU provinsi dan kabupaten/kota," ujarnya. 

Sedangkan produksi dan distribusi logistik Pemilu 2024 tahap pertama sudah mencapai 100 persen atau tuntas. Menurut Yulianto, pemenuhan logistik tahap pertama ini khusus untuk dalam negeri.

Ditambahkan bahwa pemenuhan logistik tahap kedua memang masih dalam proses. "Produksinya sudah mencapai 85 persen dan pengirimannya sebesar 55 persen," ucapnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Tegar
Sumber: RRI