RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Kota Tangerang Sediakan 4.478 TPS Disabilitas

KPU Kota Tangerang Sediakan 4.478 TPS Disabilitas

15 Januari 2024 18:25 WIB
KPU Kota Tangerang Sediakan 4.478 TPS Disabilitas
KPU Kota Tangerang memyiapkan TPS ramah bagi penyandang disabilitas. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

​KBRN, Tangerang: KPU Kota Tangerang memastikan telah menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) yang ramah dan aman. Khususnya bagi 4.478 penyandang disabilitas saat memberikan hak suaranya.

"Kita memastikan TPS yang tersedia nanti akan ramah bagi penyandang disabilitas. Terdapat 4.478 TPS bagi disabilitas," ujar Qori Ayatullah, Ketua KPU Kota Tangerang, Senin (15/1/2024).

Qori mengatakan, berbagai langkah terus dilakukan dengan menyiapkan sarana prasarana yang ramah untuk penyandang disabilitas. Tujuannya agar dapat melakukan pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang tanpa ada kendala.

Sementara itu, sambung Qori, pemilih disabilitas dibagi atas enam kategori, yakni fisik, netra, wicara, rungu, mental, serta intelektual. KPU berkomitmen memberikan layanan penyaluran hak suara bagi penyandang disabilitas.

“Pemilih disabilitas kami fasilitasi dengan cara melakukan sosialisasi kepada komunitas disabilitas, serta mendaftarkan mereka dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap, Red). Mereka juga nantinya diperbolehkan didampingi oleh petugas KPPS dalam melakukan pencoblosan," ujarnya.

"Sedangkan untuk penyandang tuna netra kami sediakan surat suara metode braille. Namun, bila tetap meminta pendampingan KPU juga memfasilitasinya," ucap Qori.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Beri
Sumber: RRI