TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mendengar Keluhan Anak Muda, Ganjar Komitmen Hapus Batasan Usia Pelamar Kerja Jika Menang di Pilpres 2024

Mendengar Keluhan Anak Muda, Ganjar Komitmen Hapus Batasan Usia Pelamar Kerja Jika Menang di Pilpres 2024

15 Januari 2024 21:55 WIB
Mendengar Keluhan Anak Muda, Ganjar Komitmen Hapus Batasan Usia Pelamar Kerja Jika Menang di Pilpres 2024

TVRINews, Purbalingga

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan kembali janjinya untuk menghapus batasan usia pelamar kerja, jika ia menang dan terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024 bersama pasangannya yaitu Mahfud MD.

Ganjar menyampaikan alasan di balik komitmennya terhadap pembatasan usia pelamar kerja hingga 24 tahun, karena adanya keluhan dari anak muda terkait lowongan kerja yang menetapkan batas usia pelamar kerja tersebut.

Hal ini disampaikan Ganjar saat ditemui di di Hotel Owabong, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin, 15 Januari 2024.

"Jadi hari ini banyak yang menyampaikan 'pak saya masih muda, kok kemudian saya tidak bisa masuk kerja' rasanya tidak fair. Kan ukuran kerja bisa dilihat dari tes fisiknya, tes kemampuannya," ujar Ganjar 

Kemudian, Ganjar berpendapat bahwa peraturan yang membatasi usia dalam lowongan kerja tidaklah adil, dikarenakan usia tidak dapat menjadi patokan untuk menilai kemampuan dan keahlian seseorang.

Ganjar juga mengatakan ada banyak orang yang berusia muda, namun memiliki kemampuan dan keahlian yang luar biasa, begitu pula sebaliknya.

"Bukan berarti yang muda selalu bisa dan yang tua kemudian dianggap tidak bisa. Belum tentu kan," ucap Ganjar.

Berdasarkan aspirasi yang disampaikan, Pasangan Ganjar-Mahfud menyatakan akan mempertimbangkannya sebagai bahan masukan dalam pengambilan keputusan jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Selain itu, Ganjar menyatakan bahwa penghapusan batas usia pelamar kerja merupakan bagian dari komitmen untuk mewujudkan keadilan dan kesempatan yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Maka kita akan pertimbangkan masukan itu. Saya kira memberikan suasana yang fair karena kerja itu adalah hak setiap warga negara. Maka dia berhak tanpa dibatasi aturan," 

Sebagai informasi, diketahui dalam akun X pribadi @ganjarpranowo, ia mengutip salah satu artikel berita yang berjudul "Ganjar-Mahfud Janji Hapus Batas Usia Pelamar Kerja".

Ganjar menanggapi sebuah berita dengan balasan yang singkat "Ini komitmen kami". Pernyataan ini pun mendapat sambutan positif dan komentar-komentar yang memuji dari banyak netizen, terutama golongan anak muda.

Baca Juga: Menjadi Eksportir Lebih Tangguh, Ganjar : Beri Perhatian pada Perusahaan Ekspor

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI