RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Wilayah Terluar Tangerang

KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Wilayah Terluar Tangerang

17 Januari 2024 01:30 WIB
KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Wilayah Terluar Tangerang
Ketua KPU Kabupaten Tamgerang, Muhammad Umar memberikan keterangan soal pendistribusian logiatik Pemilu 2024 ke wilayah terluar di Kabupaten Tangerang. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke beberapa kecamatan terluar di wilayahnya. Hal itu diutamakan mengingat kondisi topografi di beberapa kecamatan tersebut.

"Hari ini kita mulai lakukan pendistribusian tahapan pertama logistik di luar kotak suara melalui PPK. Saat ini dilakukan ke wilayah terluar terlebih dahulu, seperti ke Kecamatan Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan Timur, dan Kosambi," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhammad Umar, Selasa (16/1/2024).

Ia menjelaskan, pada tahapan pertama pendistribusian logistik Pemilu itu dilakukan terhadap kebutuhan di luar kotak suara, diantaranya seperti bilik suara, alat peraga kampanye (APK). Kemudian, daftar pasangan calon, daftar pemilih tetap dan sebagainya.

"Sementara kita distribusikan logistik di luar kotak suara, seperti bilik suara dan APK. Sedangkan untuk kecamatan lainnya adalah yang masuk kawasan Tangerang Utara," ucapnya.

Untuk wilayah Tangerang Utara seperti Kecamatan Kemiri, Rajeg, Mauk, Sukadiri, Pakuhaji, Mekar Baru, Kronjo, Pasar Kemis, dan Sindang Jaya akan dilakukan secara bertahap. "Jadi tahap pertamanya kita dahulukan di Dapil III, seperti Teluknaga, Kosambi, dan Sepatan," ujarnya.

Umar menambahkan, selama proses pendistribusian logistik, KPU Kabupaten Tangerang melibatkan unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk membantu melakukan jalannya pengamanan. Selain itu, KPU juga telah mengidentifikasi dan melakukan pemetaan terhadap TPS rawan bencana, khususnya saat musim hujan.

"Kita udah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait guna mendukung kelancaran penyaluran logistik. Tujuannya untuk digunakan pada Pemilu di Februari mendatang tidak ada kendala," kata dia.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI