TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Isu Ganjar-Mahfud Menang, Bansos dan PKH Dihapus, Atikoh: Itu Hoaks!

Isu Ganjar-Mahfud Menang, Bansos dan PKH Dihapus, Atikoh: Itu Hoaks!

17 Januari 2024 09:13 WIB
Isu Ganjar-Mahfud Menang, Bansos dan PKH Dihapus, Atikoh: Itu Hoaks!
Isu Ganjar-Mahfud Menang, Bansos dan PKH Dihapus, Atikoh: Itu Hoaks!

TVRINews, Jakarta

Istri Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menjawab keraguan masyarakat soal keberlanjutan program-program kerakyatan seperti bantuan sosial (bansos) yang selama ini sudah berjalan.

Atikoh mengatakan soal isu yang menyebut program tersebut akan dihapus jika Ganjar-Mahfud menang, adalah hoaks dan tidak benar.

"Kemarin ada pertanyaan dari masyarakat, katanya kalau Ganjar-Mahfud jadi pemenang, nanti bansos, PKH (Program Keluarga Harapan), KIS (Kartu Indonesia Sehat) itu akan dihilangkan, itu hoaks. Itu hoaks informasi yang digunakan untuk menyesatkan kita semua," kata Atikoh dalam keterangan yang diterima tvrinews.com, Rabu, 17 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut Itu, dikatakan Atikoh dalam sambutannya di acara Senam Ceria dan Line Dance Masal bersama Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti, di kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Rabu, 17 Januari 2024 pagi.

Lebih lanjut, Atikoh memastikan program kerakyatan dari pemerintah yang sudah berjalan, akan lebih terintegrasi dengan program lainnya dan lebih optimal di era Ganjar-Mahfud kelak.

"Justru Ganjar-Mahfud akan terus meningkatkan program-program yang pro rakyat. Akan mengoptimalkan tujuan penerima, seperti program untuk terkait pendidikan. Karena ini adalah kunci untuk meningkatkan SDM yang ada di masyarakat. Kunci untuk menanggulangi kemiskinan," ucapnya.

Jika dalam program kerakyatan sebelumnya pemerintah menggunakan banyak kartu, maka Ganjar-Mahfud menyederhanakan birokrasi dan data yang ada lewat KTP Sakti. Artinya, masyarakat yang pantas menerima namun tidak menerima bantuan, di era Ganjar-Mahfud akan memperoleh bantuan negara.

"Selama ini masyarakat banyak sekali yang mengeluh. Kok saya tidak mendapat bansos, yang petani tidak mendapat pupuk bersubsidi. Dengan adanya KTP Sakti, maka nanti datanya akan terintegrasi, dan itu akan membuat penyederhanaan dari penyalurannya karena cukup pakai KTP. Tidak usah pakai kartu-kartu lain tapi cukup 1 kartu, sehingga datanya akan mudah diupdate," tegas Atikoh.

Selain KTP Sakti, salah satu program kerakyatan lain yang bakal dioptimalkan Ganjar-Mahfud adalah wajib belajar 12 tahun mulai dari SD hingga pendidikan menengah, dan sistem pendidikan SMK yang terintegrasi dengan asrama atau boarding school.

"Ada wajib belajar 12 tahun, jadi sampai SMA pendidikan menengah itu akan difasilitasi negara, salah satunya SMK yang boarding school," ungkapnya. 

Rita Tumuntuan, istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, mendampingi Atikoh dalam acara tersebut. Irene G. Pinontonan, istri Wali Kota Manado Andrei Angouw, dan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk Jeand'arc Senduk-Karundeng turut hadir.

Baca Juga: Capres Anies Baswedan Percaya ASN, TNI dan Polri akan Netral di Pemilu 2024

Pewarta: Lidya Thalia.S
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI