RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Jakpus Gelar Simulasi Pungutan Suara Pemilu 2024

KPU Jakpus Gelar Simulasi Pungutan Suara Pemilu 2024

17 Januari 2024 19:00 WIB
KPU Jakpus Gelar Simulasi Pungutan Suara Pemilu 2024
Penyandang disabilitas saat mengikuti simulasi (Foto : RRI/Aditya Prabowo)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat melaksanakan simulasi pelayanan bagi penyandang disabilitas di TPS khusus. Simulasi pemungatan dan perhitungan suara ini digelar di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024). 

“Kita hari ini KPU Jakpus menggelar simulasi pencoblosan suara dan simulasi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) peserta yang dipilih. Nantinya, simulasi ini bermanfaat dan kita pun coba menghadirkan suasana yang real pada pencoblosan nanti,” kata Ketua KPU Jakarta Pusat, Efniadiyansyah kepada wartawan di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Dalam simulasi ini, kata Efni, para petugas KPPS menggunakan pakaian adat selayaknya hari pemungutan suara pada 14 Febuari 2024 mendatang. Selain itu, Efni mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan fasilitas dan layanan untuk peserta disabilitas termasuk surat suara untuk tunanetra.

“Ada beberapa disabilitas tunanetra makanya kita hadirkan supaya merasakan apa saja yang kita fasilitas. Termasuk surat suara yang ada huruf braille,” ujar Efni.

Acara simulasi ini dihadiri Wakil Walikota Jakarta Pisat Chaidir, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomor Condro dan Dandim 0501/JP Letkol Inf Bangun I.E. Siregar. Kehadiran para pemangku kepentingan tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi yang jelas dalam pembagian tugas dan kewenangan masing-masing perangkat.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Bara
Sumber: RRI