TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar Tekankan Pentingnya Sosok Pemimpin Teladan sebagai Kunci Mencegah Praktik Korupsi

Ganjar Tekankan Pentingnya Sosok Pemimpin Teladan sebagai Kunci Mencegah Praktik Korupsi

18 Januari 2024 00:20 WIB
Ganjar Tekankan Pentingnya Sosok Pemimpin Teladan sebagai Kunci Mencegah Praktik Korupsi
Ganjar Tekankan Pentingnya Sosok Pemimpin Teladan sebagai Kunci Mencegah Praktik Korupsi

TVRINews, Jakarta

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya keteladanan pemimpin sebagai faktor kunci dalam mencegah praktik korupsi.

Ganjar berpendapat bahwa pemimpin yang bersih dan berintegritas dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memerangi korupsi.

Hal itu disampaikannya saat berpidato pada acara 'Paku Integritas Capres dan Cawapres' di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Januari 2024.

Awalnya, Ganjar menceritakan pengalamannya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Ia pernah berjumpa dan berbincang dengan seorang anak buahnya yang berpangkat terendah.

Dalam perbincangan itu, Ganjar bertanya langsung kepada anak buahnya tersebut tentang alasan mengapa ia melakukan praktik korupsi.

"Saya bertanya sangat simpel sekali, kenapa anda korupsi? 'Disuruh Pak,' kalau kamu disuruh pimpinan mau minta katakan 100, berapa yang kamu cari? '200 Pak,' yang 100 buat siapa?," kata Ganjar.

"Buat saya, saya bagi kepada teman-teman. Lalu apa yang terjadi? Yang terjadi nanti akan ditiru oleh semuanya," sambungnya.

Untuk mencegah korupsi pada anak buahnya, Ganjar tanyakan cara pencegahan korupsi. Ia meyakini bahwa keteladanan seorang pemimpin akan ditiru oleh anak buahnya.

"Gampang Pak, ada teladan atau contoh dari pimpinan atau tidak? Pak kalau tidak ada, jangan mimpi tinggi-tinggi jangan ngomong muluk-muluk karena itu sebenarnya praktik yang dihadapi dalam demokrasi," tutur Ganjar.

Setelah itu, Ganjar kembali teringat pengalamannya saat Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2013, pada saat itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah mendatangi Jawa Tengah dan menanyakan pertanyaan serupa kepada para kandidat mengenai cara mencegah korupsi.

"Suasana lebih pada dialogis dan pada saat itulah semua punya komitmen tinggi, maka sebenarnya kita tunggu adalah bagaimana praktik kita berjalan," kata Ganjar.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI