TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Dekati Pilpres 2024, Polri Amankan Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah 3T

Dekati Pilpres 2024, Polri Amankan Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah 3T

18 Januari 2024 13:41 WIB
Dekati Pilpres 2024, Polri Amankan Distribusi Logistik Pemilu ke Wilayah 3T
Foto: Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko (Doc. TVRINews/Ho-Polri)

TVRINews, Jakarta

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap mengamankan proses distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar atau 3T.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pengamanan tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata yang telah digelar sejak 17 Oktober 2023 lalu.

Selain itu, kata Truno nantinya operasi tersebut memiliki beberapa sasaran.

"Yang pertama adalah sasaran tentunya dari capres dan cawapres sendiri, kemudian terkait dengan tempat pemungutan suara (TPS), kantor-kantor yang menjadi bagian penting untuk menjadi penyelenggaraan pemilu dan salah satunya adalah logistik pemilu, termasuk distribusinya," kata Trunoyudo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Januari 2024.

Tak hanya itu, Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut menurutkan jika mantap brata ini terdapat satgas preventif.

"Terkait lokasi-lokasi tertentu tentunya berdasarkan dari analisa kerawanan masing- masing daerah sampai dengan polres, dengan lingkup tugasnya tetap zonasi daerah-daerah tersebut dibackup oleh pusat, oleh daerah sampai dengan ke polres," ungkapnya.

Kemudian, terkait pengawalan di wilayah kepulauan, ungkap Trunoyudo pihaknya telah memiliki satgas bantuan operasi seperti polisi udara dan polisi perairan atau polisi air.

"Dalam tugas fungsinya polisi perairan itu memiliki fungsi untuk mendukung sarana angkutan perairan dan baik bagi satgas lainnya yakni satgas Operasi Mantap Brata, termasuk juga untuk kepentingan pemilu terkait distribusi logistik pemilu," ujarnya.

Kendati demikian, beber dia waktu pengamanan distribusi logistik telah disesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sejak kapan tentu sejak KPU melakukan distribusi dimulai sudah melekat Polri untuk melakukan pengamanan, penyelenggaraan tetap dari KPU dan diawasi oleh Bawaslu sampai dengan saat ini," imbuhnya.

Trunoyudo bakal pastikan jika Polri dalam posisi netral terkait penyelenggaraan pemilu.

"Polri komitmen dalam penyelenggaraan pemilu ini mengamankan dan Polri netral, semua dalam koridor bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tentunya pemilu ini dapat berintegritas dan juga berkualitas," ujar Trunoyudo.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI