RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Debat Keempat Capres-Cawapres, KPU akan Kurangi Pengawal Pribadi

​Debat Keempat Capres-Cawapres, KPU akan Kurangi Pengawal Pribadi

18 Januari 2024 15:20 WIB
​Debat Keempat Capres-Cawapres, KPU akan Kurangi Pengawal Pribadi
Komisioner KPU RI August Mellaz saat melakukan wawancara dengan awak media di Jakarta. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: KPU RI mengimbau, para capres-cawapres Pilpres 2024 mengurangi jumlah pengawal pribadi dalam acara debat. Tepatnya, pada debat keempat capres-cawapres yang akan diselenggaran di JCC Senayan, Jakarta, pada 21 Januari 2024 mendatang.

“Nanti kami coba atur pengawal pribadi gak semuanya (masuk arena debat capres-cawapres). Sebagian (saja) masuk ke dalam, akan kami sediakan juga untuk holding room (ruang perantara) buat capres-cawapres," kata Komisioner KPU August Mellaz dalam keterangan persnya, Kamis (18/1/2024).

Dalam persoalan itu, Mellaz mengaku, KPU akan berkoordinasi dengan pihak Polri. Terutama, dalam melakukan sterilisasi lokasi di dalam dan luar arena debat keempat untuk cawapres.

"Kemungkinan jumlah pengawal pribadi yang dikurangi. Kira-kira separuh dari yang selama ini ada,” ucap Mellaz.

Di satu sisi, Mellaz memastikan, KPU tidak mengubah aturan jumlah tamu undangan dan pendukung timses capres-cawapres. Sekalipun, direncanakan adanya pengurangan jumlah pengawal pribadi.

“Tamu undangan relatif tidak ada perubahan, kalau dari sisi kapasitas tempat sekitar hampir 600 kurang, 580-an lah. Tetapi, itu kan terbagi yang jelas tim pasangan calon untuk tim pendukung itu 75 (orang) masing-masing,”ujar Mellaz.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI