RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Debat Keempat, KPU Butuh LO Masing-Masing Timses Capres-Cawapres

​Debat Keempat, KPU Butuh LO Masing-Masing Timses Capres-Cawapres

18 Januari 2024 15:00 WIB
​Debat Keempat, KPU Butuh LO Masing-Masing Timses Capres-Cawapres
Komisioner KPU RI August Mellaz saat melakukan wawancara dengan awak media, di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: KPU RI mengaku, membutuhkan tiga liaison officer (LO) dari masing-masing timses pada debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024. LO tersebut dibutuhkan, mengantisipasi jika terjadi insiden-insiden selama debat keempat capres-cawapres.

"Tiga LO itu, terdiri satu LO yang punya akses penuh untuk bergerak selama acara debat. Kemudian, dua LO yang ditempatkan masing-masing di barisan kursi timses belakang pasangan calon," kata Komisioner KPU August Mellaz dalam keterangan persnya, Kamis (18/1/2024).

Mellaz mengungkapkan, nantinya para LO dibekali dengan protofon (handy talkie/HT) saat acara debat. Sehingga, para penghubung itu punya jalur komunikasi yang lancar dengab KPU.

“Nanti yang pegang itu (handy talkie) masing-masing tim pasangan calon ada dua 'LO', kita anggap super LO. Yang full access (akses penuh), itu yang akan pegang," ucap Mellaz.

Jika ditotal, Mellaz membeberkan, terdapat enam LO dari masing-masing timses capres-cawapres. Kemudian, juga ada LO dari media dan KPU itu sendiri dalam acara debat capres-cawapres.

"Jadi, enam dari mereka, kemudian sama tim kita, dan tentu dari media penyelenggara. Sehingga nanti secara real time kalau ada kendala bisa langsung kita antisipasi," ujar Mellaz.

Diketahui, debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024 diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, Pada 21 Januari 2024. Debat keempat KPU yang menampilkan tiga cawapres.

Yaitu, Cawapres 01 Muhaimin Iskandar, Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka, dan Capres 03 Mahfud MD. Pada debat keempat, mengangkat isu-isu sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI