RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Benarkan Dua Moderator Perempuan untuk Debat Capres-Cawapres

​KPU Benarkan Dua Moderator Perempuan untuk Debat Capres-Cawapres

18 Januari 2024 13:05 WIB
​KPU Benarkan Dua Moderator Perempuan untuk Debat Capres-Cawapres
Komisioner KPU RI August Mellaz saat melakukan wawancara dengan awak media, di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: KPU RI membenarkan, debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024 akan dipandu oleh dua moderator perempuan. Moderator tersebut, memandu jalannya debat keempat untuk cawapres, di JCC Senayan, Jakarta.

Dua moderator perempuan itu merupakan news anchor  dari SCTV dan Metro TV. Mereka adalah Retno Pinasti (SCTV) dan Zilvia Iskandar (Metro TV).

“Untuk kali ini debat keempat dua-duanya perempuan. Dua moderator itu usulan stasiun televisi yang ditunjuk oleh KPU sebagai media penyelenggara debat keempat Pilpres 2024," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam keterangan persnya, Kamis (18/1/2024).

Jika melihat pada debat pertama sampai ketiga, moderator debat umumnya pasangan laki-laki dan perempuan. Namun kali ini berbeda, karena seluruh moderator merupakan perempuan.

Mellaz menjamin, kapasitas yang dimiliki dua moderator perempuan dalam acara debat keempat capres-cawapres. Terlebih, mereka selalu menjadi andalan stasiun TV tempat mereka bekerja.

“Sejak awal pertemuan kami dengan media penyelenggara dengan tim pasangan calon, media penyelenggara tentu berupaya mengajukan figur-figur kompeten. Sangat menguasai terkait dengan pelaksanaan debat untuk menjadi moderator,” ucap Mellaz.

Diketahui, debat keempat capres-cawapres Pilpres 2024 diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, Pada 21 Januari 2024. Debat keempat KPU yang menampilkan tiga cawapres.

Yaitu, Cawapres 01 Muhaimin Iskandar, Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka, dan Capres 03 Mahfud MD. Pada debat keempat, mengangkat isu-isu sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI