TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mahfud MD Ungkap Tema Debat ke-4 Cawapres Menentukan Masa Depan Indonesia 

Mahfud MD Ungkap Tema Debat ke-4 Cawapres Menentukan Masa Depan Indonesia 

21 Januari 2024 19:59 WIB
Mahfud MD Ungkap Tema Debat ke-4 Cawapres Menentukan Masa Depan Indonesia 
Foto: Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3, Mahfud MD saat memaparkan visi-misi dan program kerja saat Debat ke-4 Cawapres Pemilu 2024 di JCC, Minggu (21/1) (TVRINews.com)

TVRINews, Jakarta 

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD merasa tema debat keempat cawapres Pemilu 2024 dapat menentukan masa depan kelangsungan Bangsa Indonesia.

Pada debat keempat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

"Diskusi atau debat ini saya rasa penting, karena menyangkut tiga hal yang menentukan masa depan NKRI dan bangsa Indonesia, yaitu Tuhan, manusia, dan alam," kata Mahfud di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024.

Menurut pria yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu, ketiga tersebut sudah meliputi perlindungan hidup dan alam.
Mahfud merasa hal itu sudah tertanam dalam kearifan lokal yang terbiasa untuk melindungi sumber daya alam.

Akan tetapi, Mahfud menyatakan fakta miris yang berada di tengah masyarakat Indonesia sendiri. Pasalnya, sumber daya alam kini malah menjadi rebutan.

"Petaninya sedikit, lahannya sedikit, subsidinya nambah pasti ada yang salah. Sumber daya alam menjadi sengketa manusia denyan manusia, pemerintah dengan pemerintah," ujar Mahfud.

Kilas balik pada tahun 2011 lalu, Mahfud yang kala itu menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi telah mengesahkan vonis Putusan Nomor 34/PUI-IX/2011.

"Saya katakan tidak mudah butuh komitmen dan keberanian, pada 2011 saya sebagai Ketua MK membuat vonis untuk perlindungan sumber daya alam," tutur Mahfud.

Baca Juga: Hadiri Debat ke-4 Cawapres, Gibran: Tidak Ada Persiapan Khusus Justru Banyak Istirahat

Pewarta: Christhoper Natanael Raja
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI