TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemilu 2024, Partai Buruh Targetkan 2,5 Juta Suara Di Jawa Barat

Pemilu 2024, Partai Buruh Targetkan 2,5 Juta Suara Di Jawa Barat

21 Januari 2024 21:50 WIB
Pemilu 2024, Partai Buruh Targetkan 2,5 Juta Suara Di Jawa Barat

TVRINews, Cikarang
Partai Buruh menargetkan perolehan jumlah 2,5 juta suara di Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut dikatakan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal disela kampanye akbar perdana Partai Buruh di lapangan perumahan Wahana, Sukadami, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Minggu, 21 Januari 2024.

Said Iqbal yang juga Majelis Nasional Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia itu merinci, jumlah kaum buruh di wilayah Bekasi mencapai satu juta orang. 

“Kabupaten dan Kota Bekasi, adalah kotanya Partai Buruh. Dari Bekasi, kita rebut kemenangan Indonesia masuk Parliamentary Threshold 4 persen,” ujar Said Iqbal kepada TvriNews di Cikarang.

Belum lagi di wilayah lain, seperti Karawang dan Puwakarta yang mendekati 1,8 juta jiwa. Sehingga pihaknya optimis memasang target di Jawa Barat minimal 2,5 juta suara nasional.

“Jumlah buruh di kabupaten Bekasi kurang lebih mencapai hampir 1 juta orang, ditambah dengan kerawang dan Purwakarta mendekati lebih dari 1,8 juta orang. Jawa Barat target partai buruh adalah 2,5 juta suara sah nasional,” ujar Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat konfrensi pers kampanye perdana partainya di Cikarang.

Target tinggi itu, lanjut Said Iqbal bisa dirasionalkan. Menilik hasil survei internal partainya, dengan hasil elektabilitas Partai Buruh tercatat mencapai 4,778 persen. Artinya, berpeluang besar lolos ke Senayan dengan ambang batas minimal 4 persen suara nasional. Survei tersebut, dianggap tepat dibandingkan hasil lembaga survei nasional yang beredar.

Dirincikannya, survei internal fokus kepada kaum buruh sebagai responden. Ada empat kelompok buruh sebagai respondennya, yaitu, buruh anggota federasi, buruh anggota serikat pekerja tingkat perusahaan, buruh yang masih bekerja tetapi dibina oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dalam pendidikan, dan buruh yang pernah bekerja. Artinya, Partai buruh yakin, dengan memulai kampanye perdana di Bekasi sebagai kotanya Partai Buruh, partai yang mengusung ide Negara Sejahtera ini akan masuk ke Senayan di Pemilu perdananya.

“Partai Buruh juga berkeyakinan, di kota-kota industri, antara lain Kota Kabupaten Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Purwakarta, Kabupaten Bandung Raya, Batam, dan kota besar lain, kami akan punya satu fraksi,” semangatnya.

Sementara, Wasekjen Partai Buruh Indri Yuli Hartati mengamini partainya potensial masuk ke Senayan. Pasalnya, partai ini memiliki basis massa real dan platform perjuangan yang jelas. Ini, menjadi pembeda dengan partai kontestan lainnya di Pemilu 2024.

“Kita yakin masuk Senayan. Begitu masuk, rakyat akan merasakan manfaatnya. Tentu, kita akan terus berjuang untuk rakyat,” ujar Indri Yuli Hartati.

Seperti diketahui, Ribuan massa memadati kampanye akbar perdana Partai Buruh di lapangan perumahan Wahana, Sukadami, Cikarang Selatan. Dalam kampanye tersebut, Presiden FSPMI yang juga Mahkamah Partai Buruh, Riden Hatam Azis, Ketua Umum KEP FSPSI Bekasi, R. Abdullah, Caleg DPR-RI, Indri Yuli Hartati, Abdul Bais, Amir Mahfudz.

Baca Juga: Gibran Dorong Ketersediaan Pupuk Murah dan 'Smart Farming'

Pewarta: Alfin
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI