TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ditanya Gibran Soal Nikel, Cak Imin: Intinya Kembali ke Etika Lingkungan

Ditanya Gibran Soal Nikel, Cak Imin: Intinya Kembali ke Etika Lingkungan

21 Januari 2024 22:23 WIB
Ditanya Gibran Soal Nikel, Cak Imin: Intinya Kembali ke Etika Lingkungan
Foto: Calon Wakil Presiden dengan nomor 1, Muhaimin Iskandar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu, 21 Januari 2024 (TVRINews)

TVRINews, Jakarta

Dalam debat keempat, nampak Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan terkait nike ke cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau cak Imin.

Menanggapi hal tersebut, cak Imin menyebutkan jika kebijakan itu kembali pada etika lingkungan.

"Prinsipnya sederhana semua kembalikan kembali kepada etika pak Gibran, etika sekali lagi etika, etika lingkungan. Apapun kebijakan kita, menyangkut pengambilan tambang sumber daya alam, juga apapun yang kita gunakan berpotensi ke bangsa dan ini rujukannya adalah etika lingkungan," kata cak Imin di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Selain itu, Cak Imin menuturkan jika dirinya memiliki komitmen dalam keseimbangan antara manusia dengan alam.

"Komitmen kita intinya adalah keseimbangan antara meletakan manusia dengan alam. Sehingga produksi yang kita munculkan pun dari tambang, dari litium dari apapun tidak sembrono tidak sewenang-wenang," ucapnya.

Meskipun begitu, cak Imin menyetujui potensi sumber daya alam yang harus dipromosikan. Namun ia mengingatkan agar tidak hilirisasi tanpa pertimbangkan ekologi, sosialnya.

"Saya setuju bahwa potensi sumber daya alam kita harus terus promosikan. Tetapi harus dicatat, gara-gara kita mengeksplorasi nikel ugal-ugalan lalu hilirisasi tanpa mempertimbangkan ekologi, sosialnya," ujarnya.

Baca Juga: Tutup Debat ke-4 Cawapres Pemilu 2024, Mahfud MD Nyanyikan Lagu Ebiet G Ade 

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI