RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Ingin Meneruskan Reforma Agraria dan Inovasi Tanah

Gibran Ingin Meneruskan Reforma Agraria dan Inovasi Tanah

22 Januari 2024 02:00 WIB
Gibran Ingin Meneruskan Reforma Agraria dan Inovasi Tanah
Foto : ANTARA/M Risyal Hidayat

KBRN, Jakarta: Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menegaskan komitmennya untuk meneruskan inisiatif Reforma Agraria yang tengah diterapkan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. Gibran memaparkan bahwa saat ini telah berjalan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sukses mendistribusikan sebanyak 110 juta sertipikat tanah.

"Sebelum adanya program ini, hanya tercapai produksi dan distribusi sebanyak 500 ribu sertipikat. Bayangkan betapa lamanya untuk mengatasi permasalahan tersebut," ungkap Gibran dalam Debat Cawapres pada Minggu (21/1/2024).

Selanjutnya, Gibran menjelaskan mengenai adanya program redistribusi tanah, di mana tanah-tanah yang memiliki hak guna usaha (HGU) disimpan di bank tanah. Tanah-tanah tersebut kemudian didistribusikan kembali kepada pengusaha lokal dan petani lokal.

"Kini, kita juga menghadirkan program kebijakan one map policy. Kebijakan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi konflik, sengketa tanah, serta aktivitas tidak sah terkait tanah, karena basis data sudah beralih ke format digital. Semua batas tanah sudah terekam secara rinci dalam basis data tersebut," ujar Gibran.

Pewarta: Meizar Rudi Zein
Editor: Pessy
Sumber: RRI