RRI

Cak Imin Serukan Tobat Ekologis dan Tebar Janji

21 Januari 2024 22:21 WIB
Cak Imin Serukan Tobat Ekologis dan Tebar Janji
Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menjalani sesi debat kedua. (Foto: RRI)

KBRN, Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menjalani sesi debat kedua. Yakni dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa, Minggu (21/1/2023).

Menurut Cak Imin, bila dia mendapat mandat menang Pemilu 2024, maka anggaran krisis iklim ditingkatkan secara signifikan. Termasuk riset sekaligus energi baru dan terbarukan. 

"Kita harus melakukan tobat ekologis. Taubat itu dimulai dari etika. Sekali lagi etika, etika lingkungan dan etika pembangunan," kata Cak Imin. 

Selain itu, Cak Imin janji segera mengesahkan RUU Masyarakat adat secepat-cepatnya. Termasuk dana subsidi atau dana untuk masyarakat desa ditingkatkan Rp 5 miliar per tahun agar warga desa dapat menikmati dampak pembangunan. 

"Selanjutnya kita juga akan teruskan subsidi BBM untuk masyarakat miskin, nelayan miskin dan kelompok rentan lainnya. Lalu  transportasi publik menggunakan energi listrik, juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi dengan cara pembangunan kota," ujarnya. 

"Reforma agraria harus dieksekusi, untuk memangkas ketimpangan. Saatnya kita berubah saatnya kita pilih perubahan," katanya mengakhiri.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI