RRI

Cak Imin Ingin Naikkan Dana Desa Rp5 Miliar

21 Januari 2024 21:40 WIB
Cak Imin Ingin Naikkan Dana Desa Rp5 Miliar
Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) nonton bareng (nobar) Debat Keempat Pilpres 2024 di Kantor DPW Nasdem Maluku Utara, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (21/1/2023). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa (Foto: ANTARA FOTO/Andri Saputra/tom)

KBRN, Jakarta: Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar ingin melakukan pembangunan tingkat desa. Pembangunan dari bawah akan menumbuhkan kehidupan kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya yang terus terjaga dan lestari. 

"Sejak kita mengawali Undang-Undang Pembangunan Desa yang diikuti dengan penerapan dana desa yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Akan terbangun infrastruktur dan transformasi desa, dari desa tertinggal menjadi desa maju dan mandiri," kata pria yang akrab disapa Cak Imin ini dalam debat cawapres yang berlangsung di JCC, Senayan Jakarta, Minggu (21/1/2024). 

Menurutnya, saat ini sudah ada 13 ribu desa yang tertinggal menjadi desa maju dan mandiri. Menurutnya, desa tertinggal saat ini hanya sekitar empat ribu desa saja.

"Ini bukti bahwa infrastrutur berjalan dengan baik, dana desa terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat desa semakin kerasa," ujarnya.

Oleh karena itu, Cak Imin ingin kembali menaikkan anggaran dana desa menjadi Rp5 Miliar. Hal ini agar ekonomi desa tumbuh.

"Nanti kedepan kita akan siapkan lagi, kita naikkan lagi anggaran Rp5 Miliar per desa. Agar apa?, tidak hanya infrastrukturnya yang baik, tapi juga ada kehidupan ekonomi yang tumbuh melakui bumdes, melalui berbagai kegiatan wirausaha yang tumbuh," ucapnya.  

"Pertanian, peternakan, ekonomi kreatif tumbuh di desa. Sehingga orang tertarik di desa."

Sehingga jika infrastuktur berjalan, pembangunan sarana prasanan dan kehiatan ekonomi tumbuh maka akan membuat orang tertarik ke desa. Sehingga masyarakat tidak lagi tertarik menjadi urbanisasi tapi juga kembali ke desa, membangun desa untuk pembangunan bangsa," katanya.

Pewarta: Tegar
Editor: Cecep Jaiddin
Sumber: RRI