RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Ungkap Potensi Energi Terbarukan Indonesia Besar

Gibran Ungkap Potensi Energi Terbarukan Indonesia Besar

21 Januari 2024 21:25 WIB
Gibran Ungkap Potensi Energi Terbarukan Indonesia Besar
Cawapres 02, Gibran Rakabuming Raka (kanan), saat menyampaikan pandangannya pada Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam (Foto: ANTARA)

KBRN, Jakarta: Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden 02, mengungkapkan potensi energi terbarukan yang dimiliki Indonesia sangat besar. Melalui kebijakan hilirisasi pada potensi-potensi tersebut, pemerataan pembangunan dapat dilakukan dan sekaligus akan membuka lapangan kerja.

"Insaallah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan," kata Gibran saat debat keempat di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Ini termasuk melibatkan transisi energi hijau, ekonomi kreatif, dan UMKM. Dari 19 juta lapangan kerja tersebut, kata Gibran, lima juta di antaranya adalah green jobs. 

"Green jobs adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Ini adalah peluang tren masa kini dan masa depan," ujarnya.

Menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) PBB, green jobs termasuk pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan. Green jobs dimaksudkan mengurangi dampak lingkungan yang diakibatkan aktivitas perusahaan, sektor ekonomi, sekaligus melestarikan lingkungan hidup.

Debat cawapres kali ini merupakan debat kedua, sekaligus yang terakhir bagi para cawapres. Debat selanjutnya, yang ditujukan untuk capres, dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024. 

Tema yang diangkat adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Pewarta: Lukman Tara
Editor: Nugroho
Sumber: RRI