RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Cawapres, Cak Imin Tekankan Bahaya Krisis Iklim

Debat Cawapres, Cak Imin Tekankan Bahaya Krisis Iklim

21 Januari 2024 20:32 WIB
Debat Cawapres, Cak Imin Tekankan Bahaya Krisis Iklim
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

KBRN, Jakarta: Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menekankan bahayanya krisis iklim dalam sesi debat kedua. Yakni dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Krisis iklim terjadi dan kita memyaksikan bencanarkologi terjadi dimana-mana, negara harus serius mengatasinya. Tidak hanya mengandalakan giant sea wall yang tidak mengatasi masalahnya," kata pria yang akrab disama Cak Imin ini dalam sesi debat cawapres di JCC Senayanm Jakarta, Minggu (21/1/2023). 

Ia menekankan, semua pihak harus sadar bahwa krisis iklim adalah sebuah kenyataan. Ia pun menilai penanganan krisis iklim harus dimulai dengan etika.

"Etika lingkungan, etika lingkungan ini intinya. Keseimbangan antara manusia dan alam tidak menang-menangan, seimbang, antar manusia dengan alam," ujarnya.

"Kita melihat ada yang namanya krisis iklim yang tidak diatasi dengan serius. Bahkan kita ditunjukan anggaran membatasi krisis iklim jauh dibawah anggaran sektor-sektor lainnya."

Pewarta: Tegar
Editor: Cecep Jaiddin
Sumber: RRI