RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemerinta Dinilai Belum Serius Siapkan Transisi Energi Terbarukan

Pemerinta Dinilai Belum Serius Siapkan Transisi Energi Terbarukan

21 Januari 2024 20:30 WIB
Pemerinta Dinilai Belum Serius Siapkan Transisi Energi Terbarukan
Cak Imin menanggapi pendalaman vivi misi Gibran (Foto: Youtube KPURI)

KBRN, Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menilai, komitmen pemerintah belum serius terkait persiapan transisi energi terbarukan. Hal itu dikatakan Cak Imin menanggapi pendalaman visi misi cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, terkait pajak karbon.

"Ya memang pajak karbon ini salah satu, bukan satu-satunya. Yang paling penting adalah dipersiapkan transisi energi baru dan terbarukan, sayangnya komitmen pemerintah kali ini tidak serius," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, target energi dan terbarukan yang mestinya di 2025 berkurang dari 23 persen justru diturunkan menjadi 17 persen.

"Penundaan implementasi pajak karbon dilakukan hari ini, dari tahun 2002 dimundur menjadi 2025. Apanya yang mau di lanjutkan?" kata Cak Imin. 

"Karena itu secara tegas harus dilanjutkan, secara implementasi pajak karbon dilakukan secepat-cepatnya. Sekaligus transisi energi baru terbarukan dijalankan," ucapnya.

Debat cawapres kedua berlangsung, Minggu (21/1/2024). Bertempat di JCC Senayan, Jakarta.

Tayangan langsung debat cawapres diselenggarakan stasiun televisi SCTV, Indosiar, dan Metro TV. YouTube KPU RI juga tidak ketinggalan menyiarkan secara langsung.

RRI pun ikut menyiarkan langsung debat keempat dalam rangkaian Pilpres 2024 ini. Pendengar bisa menikmati siaran langsung melalui kanal Pro3 RRI di seluruh Indonesia.

Ada enam tema dalam debat cawapres kedua ini. Keenam tema itu adalah pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.


Pewarta: Cecep Jaiddin
Editor: Bara
Sumber: RRI