RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Dorong Ketersediaan Pupuk Murah dan Reforma Agraria

Gibran Dorong Ketersediaan Pupuk Murah dan Reforma Agraria

21 Januari 2024 20:14 WIB
Gibran Dorong Ketersediaan Pupuk Murah dan Reforma Agraria
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

KBRN, Jakarta: Gibran Rakabuming Raka, Cawapres 02, menyoroti kesejahteraan petani dalam paparan visi misinya. Ia menyampaikan hal itu dalam Debat Keempat Cawapres yang digelar KPU di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). 

Gibran mengatakan ia dan Capres Prabowo Subianto akan mendorong ketersediaan pupuk murah untuk kesejahteraan petani. Stabilitas harga pangan juga akan diupayakan dikendalikan paslon Koalisi Indonesia Maju tersebut.

Upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak seperti Bulog dan BUMN pangan ID Food. Ia juga akan mendorong aktivitas petani dan mengajak anak muda melakukan 'smart farming'. 

"(Ini-red) untuk mendorong kesejahteraan petani. Akan kita dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit murah yang mudah dan murah," ujar Gibran.

Ia menjanjikan akan melanjutkan reforma agraria. Kebijakan itu termasuk menyangkut kepemilikan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan.

"Program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap). Lalu redistribusi tanah dan 'one map policy' akan dilakukan," kata Gibran.

Tema debat ini dibagi menjadi enam tema. Tema pertama meliputi Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup. 

Tema kedua adalah Sumberdaya Alam dan Energi (tema kedua). Tema ketiga dan keempat masing-masing Pangan dan Agraria.

Sementara, tema kelima dan keenam masing-masing adalah tentang Masyarakat Adat dan Desa.


Pewarta: Bara
Editor: Nugroho
Sumber: RRI