RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ini Bocoran Pertanyaan Cak Imin Dalam Sesi Debat

Ini Bocoran Pertanyaan Cak Imin Dalam Sesi Debat

21 Januari 2024 18:11 WIB
Ini Bocoran Pertanyaan Cak Imin Dalam Sesi Debat
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan gagasannya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin telah melakukan pendalaman materi untuk sesi debat kedua. Yakni dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa, Minggu (21/1/2023). 

Kolaborasi AMIN ini pada dasarnya menetapkan indeks ekonomi hijau sebagai indikator yang relevan. Untuk mengukur pembangunan berkelanjutan, sesuai dengan visi dan misi yang telah tertuang. 

Sebagaimana Indonesia untuk mencapai target emisi tahunan (2030) demi menyukseskan target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. Termasuk mendukung champion projects berkolaborasi dengan beberapa Pemda untuk mengupayakan NZE di tahun 2050. 

Secara umum, bab terkait lingkungan ini masuk dalam Agenda Misi 3 yang terdiri dari delapan poin. Pertama, penguatan tata kelola lingkungan hidup. 

Kedua, pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), ketiga, ekonomi hijau. Keempat, adaptasi dan mitigasi dampak krisis iklim. 

Kelima, polusi udara, air, dan sampah, keenam, hutan dan keanekaragaman hayati, ketujuh, ketahanan terhadap bencana alam. Terakhir, kolaborasi pemangku kepentingan lingkungan. 

Untuk mewujudkan ini, salah satunya AMIN akan memberikan insentif pembiayaan dan kemudahan berusaha bagi sektor hijau. Khususnya untuk peningkatan penciptaan pekerjaan hijau/green jobs dengan kesempatan setara bagi tiap lapisan masyarakat. 

Selain itu, juga mengarusutamakan pertanian berkelanjutan. Ini yang berorientasi pada diversifikasi pangan dan diversifikasi pola tanam.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI