RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Tetap Gaungkan Isu SDM pada Debat Cawapres

Gibran Tetap Gaungkan Isu SDM pada Debat Cawapres

21 Januari 2024 09:00 WIB
Gibran Tetap Gaungkan Isu SDM pada Debat Cawapres
Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan menjawab pertanyaan awak media soal persiapan debat cawapres kedua 21 Januari 2024 malam ini. Ia menyampaikan itu usai aksi penanaman benih mangrove di pesisir pantai Kabupaten Tangerang. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang : Isu sumber daya manusia (SDM) menjadi pamungkas dan bakal tetap digaungkan Gibran Rakabuning Raka pada debat cawapres kedua. Pasangan calon nomor urut 2 itu juga dipastikan kembali menjanjikan kejutan pada debat di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

"Sebetulnya apa yang sudah disampaikan pada debat pertama, Mas Gibran sudah menyampaikan mengenai SDM. Tentu, soal SDM menjadi sebuah isu yang akan dia bawa pada debat cawapres ke-dua nanti," ujar Arief Rosyid Hasan, Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran, Sabtu (20/1/2024).

Dia menegaskan, Gibran akan kembali memberikan kejutan. Karena, seperti debat pertama tim Koalisi Indonesia Maju sudah mempersiapkan dengan baik dengan mengikuti isu-isu kekinian yang sudah mengemuka.

"Apa lagi dari isu yang sebelumnya itu soal ekonomi. Kalau sekarang ini lebih ke soal lingkungan hidup, sumber daya alam, isu pajak, karbon dan agraria sudah sangat dikuasai," kata Arief.

Dia juga menyatakan, isu-isu energi yang sebetulnya banyak dikhawatirkan anak muda. Jadi, anak muda saat ini melihat, banyak peluang kerja yang menghilang karena sulit didapat, mereka menjadi khawatir.

"Sesuai tema debat yang akan diikuti Mas Gibran, itu adalah memang isu-isu yang sudah menjawab semua permasalahan. Sehingga, kami optimis dan yakin soal Mas Gibran ini akan menunjukan performa yang terbaik," ujarnya.

Arief menambahkan, proses debat cawapres nanti, Gibran akan menawarkan harapan untuk membangun mimpi anak muda di Indonesia. Misalkan ada soal isu pangan, disitu banyak peluang.

"Contoh kita keluarkan fanta filage (soal isu pangan, Red), nanti kita tunjukan bahwa anak muda di pedesaan itu punya kemandirian. Atau isu soal hilirisasi sumber daya alam, jadi kami yakin Mas Gibran memberikan gagasan terbaik," kata Arief.

Debat akan berlangsung di JCC, Jakarta Minggu (21/1) malam. Adapun tema debat yang akan dibawakan yakni, Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat serta Desa.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: witokaryono
Sumber: RRI