RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Keempat, KPU Pastikan Gunakan Format yang Sama

Debat Keempat, KPU Pastikan Gunakan Format yang Sama

19 Januari 2024 23:52 WIB
Debat Keempat, KPU Pastikan Gunakan Format yang Sama
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023) (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis format debat keempat Pilpres 2024. KPU memastikan format debat tetap sama seperti debat sebelumnya. 

“Format dan rundown dari kegiatan debat keempat tidak mengalami perubahan. Debat dilaksanakan dalam enam segmen yang berlangsung total selama 150 menit dengan 30 menit untuk jeda iklan,” kata Komisioner KPU RI, August Mellaz saat konferensi di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024). 

August mengatakan, debat keempat akan dilaksanakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2024). Tema debat, yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa.

“Sabtu akan ada gladi kotor. Minggu akan ada gladi resik yang akan melibatkan tim KPU, penyelenggara, dan juga tim paslon," ujar August.

Selain itu, August menyebutkan, cawapres no urut 1 Cak Imin akan menjadi peserta debat pertama yang akan memaparkan visi, misi dan program kerja. Selanjutnya, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

“Kami juga telah menetapkan moderator debat dari media penyelenggara yakni Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Saat ini, moderator dan kesebelas panelis sudah mulai menjalani karantina,” ucap August. 

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Cecep Jaiddin
Sumber: RRI